Strategi Monitoring Dan Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Dengan Metode Context, Input, Process, Product (Studi Kasus Laboratorium Pengujian Migas Dan Petugas Pengambil Contoh Minyak Bumi Di Ppsdm Migas Cepu)

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Suharno
dc.date.accessioned 2022-09-19T05:31:07Z
dc.date.available 2022-09-19T05:31:07Z
dc.date.issued 2022-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5408
dc.description.abstract Pendidikan merupakan kebutuhan primer setiap individu, yang mana salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan potensi yang ada dalam diri. Dengan adanya pendidikan maka akan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Setiap organisasi pasti membutuhkan Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam bidangnya, maka dari itu di perlukan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas tenaga agar lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan segala tugasnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan menggunakan beberapa metode sesuai kebutuhan organisasi. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi pendidikan dan pelatihan pemagangan yang ada di PPSDM MIGAS (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia) dengan metode CIPP(Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif yang mana data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan foto. Responden yang menjadi sumber data yaitu pengelola, instruktur dan peserta pendidikan dan pelatihan pemagangan di PPSDM MIGAS Cepu. Hasil dari penelitian ini yaitu mengevaluasi 1) Aspek konteks pendidikan dan pelatihan yang berisi latar belakang, tujuan dan sasaran sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuannya, 2) Aspek input yang terdiri atas kurikulum, SDM, sarana prasarana, serta pembiayaan program pendidikan dan pelatihan telah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang ada dan dengan pengelola dan instruktur yang berkompeten.3) Aspek proses yang terdiri dari persiapan dan evaluasi hasil program pendidikan dan pelatihan sudah dilaksanakan dengan baik. 4) Aspek product (hasil) yang terdiri atas kualitas capaian hasil belajar peserta dan kuantitas lulusan peserta program pendidikan dan pelatihan telah sesuai dengan capaian. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Pelatihan en_US
dc.subject PPSDM Migas en_US
dc.title Strategi Monitoring Dan Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Dengan Metode Context, Input, Process, Product (Studi Kasus Laboratorium Pengujian Migas Dan Petugas Pengambil Contoh Minyak Bumi Di Ppsdm Migas Cepu) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account