Strategi Monitoring Dan Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Dengan Metode Context, Input, Process, Product (Studi Kasus Laboratorium Pengujian Migas Dan Petugas Pengambil Contoh Minyak Bumi Di Ppsdm Migas Cepu)
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan primer setiap individu, yang mana salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan potensi yang ada dalam diri. Dengan adanya pendidikan maka akan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Setiap organisasi pasti membutuhkan Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam bidangnya, maka dari itu di perlukan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas tenaga agar lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan segala tugasnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan menggunakan beberapa metode sesuai kebutuhan organisasi.
Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi pendidikan dan pelatihan pemagangan yang ada di PPSDM MIGAS (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia) dengan metode CIPP(Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif yang mana data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan foto. Responden yang menjadi sumber data yaitu pengelola, instruktur dan peserta pendidikan dan pelatihan pemagangan di PPSDM MIGAS Cepu. Hasil dari penelitian ini yaitu mengevaluasi 1) Aspek konteks pendidikan dan pelatihan yang berisi latar belakang, tujuan dan sasaran sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuannya, 2) Aspek input yang terdiri atas kurikulum, SDM, sarana prasarana, serta pembiayaan program pendidikan dan pelatihan telah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang ada dan dengan pengelola dan instruktur yang berkompeten.3) Aspek proses yang terdiri dari persiapan dan evaluasi hasil program pendidikan dan pelatihan sudah dilaksanakan dengan baik. 4) Aspek product (hasil) yang terdiri atas kualitas capaian hasil belajar peserta dan kuantitas lulusan peserta program pendidikan dan pelatihan telah sesuai dengan capaian.