Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Program Pendampingan Umkm Csr Pt. Pomi (Paiton Operation And Maintenance Indonesia)

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyuni, Sri
dc.date.accessioned 2022-09-19T05:33:44Z
dc.date.available 2022-09-19T05:33:44Z
dc.date.issued 2022-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5410
dc.description.abstract Program pendampingan UMKM merupakan salah satu upaya yang giat dilakukan oleh pemerintah, BUMN, BUMD, maupun perusahaan swata untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran terkait kondisi kepuasan masyarakat terhadap program pendampingan UMKM yang dijalankan oleh salah satu perusahaan swasta, mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat, unsur apa saja yang dibutuhkan oleh UMKM untuk berkembang, serta unsur apa saja yang perlu diperbaiki dari program pendampingan. Pada penelitian ini terdapat sepuluh unsur yang digunakan, antara lain peningkatan modal usaha, perluasan akses pasar, penyerapan tenaga kerja, kemandirian pelaku UMKM, optimalisasi potensi lokal, prosedur pendampingan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, serta kelengkapan sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian ini didapatkan Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap program pendampingan UMKM adalah 3,52 dengan IKM konversi sebesar 88,00. Angka ini menunjukkan bahwa masyarakat dalam hal ini pelaku UMKM merasa “Sangat Puas” terhadap program pendampingan. Dari indeks tersebut juga diketahui bahwa program pendampingan UMKM “Sangat Baik” untuk pelaku UMKM dalam mencapai tujuan UMKM. Indeks Kepuasan Masyarakat paling tinggi diraih oleh unsur kompetensi pelaksana yaitu sebesar 3,71 dengan IKM konversi 92,75. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksana program pendampingan memiliki kompetensi yang sesuai dengan harapan masyarakat. Indeks Kepuasan Masyarakat paling rendah terdapat pada unsur penyerapan tenaga kerja yaitu sebesar 3,22 dengan IKM konversi 80,50. Hal ini menunjukkan bahwa program pendampingan belum begitu efektif dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja sehingga diperlukan fokus yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan ini. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendampingan UMKM en_US
dc.subject Indeks Kepuasan Masyarakat en_US
dc.title Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Program Pendampingan Umkm Csr Pt. Pomi (Paiton Operation And Maintenance Indonesia) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account