Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Program Pendampingan Umkm Csr Pt. Pomi (Paiton Operation And Maintenance Indonesia)
Abstract
Program pendampingan UMKM merupakan salah satu upaya yang giat
dilakukan oleh pemerintah, BUMN, BUMD, maupun perusahaan swata
untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk memberikan gambaran terkait kondisi kepuasan masyarakat terhadap
program pendampingan UMKM yang dijalankan oleh salah satu perusahaan
swasta, mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap Indeks
Kepuasan Masyarakat, unsur apa saja yang dibutuhkan oleh UMKM untuk
berkembang, serta unsur apa saja yang perlu diperbaiki dari program
pendampingan. Pada penelitian ini terdapat sepuluh unsur yang digunakan,
antara lain peningkatan modal usaha, perluasan akses pasar, penyerapan
tenaga kerja, kemandirian pelaku UMKM, optimalisasi potensi lokal,
prosedur pendampingan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana,
penanganan pengaduan, serta kelengkapan sarana dan prasarana. Dari
hasil penelitian ini didapatkan Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap
program pendampingan UMKM adalah 3,52 dengan IKM konversi sebesar
88,00. Angka ini menunjukkan bahwa masyarakat dalam hal ini pelaku
UMKM merasa “Sangat Puas” terhadap program pendampingan. Dari
indeks tersebut juga diketahui bahwa program pendampingan UMKM
“Sangat Baik” untuk pelaku UMKM dalam mencapai tujuan UMKM. Indeks
Kepuasan Masyarakat paling tinggi diraih oleh unsur kompetensi pelaksana
yaitu sebesar 3,71 dengan IKM konversi 92,75. Hal ini menunjukkan bahwa
pelaksana program pendampingan memiliki kompetensi yang sesuai
dengan harapan masyarakat. Indeks Kepuasan Masyarakat paling rendah
terdapat pada unsur penyerapan tenaga kerja yaitu sebesar 3,22 dengan
IKM konversi 80,50. Hal ini menunjukkan bahwa program pendampingan
belum begitu efektif dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja sehingga
diperlukan fokus yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan ini.