dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah leverage, profitabilitas, dan struktur modal. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2021. Melalui Purposive Sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 58 perusahaan. Alat yang digunakan dalam proses analisis data adalah Statistical Package for Social Science (SPSS) V.28.0 for windows.
Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Dengan hasil bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Disimpulkan bahwa variabel leverage yang diproksikan dengan Debt to Asset Ratio (DAR) dan struktur modal yang diproksikan Debt to Equity Ratio (DER) merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Sedangkan variabel profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA) bukan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan.
Kata kunci: Leverage, Profitabilitas, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. | en_US |