Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik SMA Al Muhammad Cepu,
Abstract
Pendidikan karakter dipahami sebagai upaya penanaman kecerdasan dalam berpikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengamalan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkungannya
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)ntuk mengetahui konsep perencanaan pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik 2)Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter,3)Untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMA Al Muhammad Cepu, adapun Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif yang mana data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan foto. Responden yang menjadi sumber data yaitu kepala sekolah,waka kurikulum ,waka kesiswaan dan guru.
Hasil dari penelitian ini yaitu mengevaluasi 1)dari aspek konsep perencanaan pendidikan karakter peserta didik 2)dari aspek Pelaksanaan pendidikan karakter akbar,serta dari aspek penerapan pendidikan karakter yang ada di SMA Al Muhammad Cepu.