View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implemetasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Behavior di Madrasah Ibtidaiyah Babul Ulum Kanten Trucuk Bojonegoro.

Thumbnail
View/Open
FULL TEXT S2_MPAI_22002011032_M. TAUFIQ.pdf (4.377Mb)
S2_MPAI_22002011032_M. Taufiq.pdf (1.394Mb)
Date
2022-07-05
Author
Taufiq, M.
Metadata
Show full item record
Abstract
Program menghafal Juzamma dan memahami setiap makna ayat yang dihafalnya diharapkan mampu memberi benteng bagi peserta didik dari kemerosotan moral dan perilaku menyimpang sekaligus menanamkan kecintaan pada ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan memberikan interpretasi terhadap: (1) nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pendekatan behavior, (2) proses implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pendekatan behavior, dan (3) model implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pendekatan behavior di Madrasah Ibtidaiyah Babul Ulum Kanten Trucuk Bojonegoro. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Sumber data bersumber dari narasumber, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara tak terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari analisis pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian mengenai Implemetasi Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Behavior di Madrasah Ibtidaiyah Babul Ulum Kanten Trucuk Bojonegoro dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Babul Ulum Kanten Trucuk Bojoneoro dilakukan secara bertahap dengan melibatkan seluruh stakeholder madrasah dan meliputi nilai yang berhubungan dengan Tuhan meliputi akidah, ibadah, dan akhlak serta nilai yang berhubungan dengan sesama manusia, meliputi bertanggungjawab, disiplin, bekerja keras, dan percaya diri, (2) implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pendekatan behavior di Madrasah Ibtidaiyah Babul Ulum Kanten Trucuk Bojonegoro dilakukan secara terintegrasi dengan kegiatan pengembangan diri dan pembiasaan, di antaranya hafalan juzamma, shalat duhur berjamaah, membaca Al Quran siang hari setelah kegiatan pembelajaran, dan membesuk teman yang sakit. (3) model implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui pendekatan behavior di Madrasah Ibtidaiyah Babul Ulum Kanten Trucuk Bojonegoro adalah menggunakan model kurikulum integrasi.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5521
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group