View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pendidikan Santri Adaptif Berbasis Kultur Masyarakat di Pondok Pesantren Al-I’anah Cepu

Thumbnail
View/Open
FULL TEXT Tesis_Nur Afif.pdf (3.294Mb)
S2_MPAI_22002011044_M. Nur Afif.pdf (1.596Mb)
Date
2022-08-29
Author
Afif, M Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Pondok pesantren Al-I’anah menerapkan pendidikan ruhaniyah dan spriritual dalam membentuk karakter santri, di tengah derasnya arus gerakan modernisasi dan globalisasi, perbedaan asal suku, budaya, bahasa, daerah, dan lainnya itu juga dapat mempengaruhi sulitnya penanaman nilai-nilai karakter pada anak. Hal ini terekam dari metode dalam kegiatan keseharian pondok yaitu dengan melaksanakan khitobiyah setiap malam Jumat jamaah shalat dhuha, roan bersama seluruh santri, ustadz di lingkungan masyarakat Pondok Pesantren Al I’anah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganaisis terhadap: (1) Perencananaan pendidikan santri yang adaptif pada kultur masyarakat di Pondok Pesantren Al-I’anah Cepu, (2) Proses pelaksanaan pendidikan santri yang adaptif pada kultur masyarakat di Pondok Pesantren Al-I’anah Cepu, (3) Model pendidikan santri yang adaptif pada kultur masyarakat di Pondok Pesantren Al-I’anah Cepu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Sumber data bersumber dari narasumber, observasi, dan dokumentasi, prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara tak terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi, proses analisis dimulai dari analisis data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi, pengecekan keabsahan data dengan menggunakan derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability) menggunakan triangulasi. Hasil penelitian model pendidikan santri yang adaptif pada kultur masyarakat (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-I’anah Cepu) dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan model pendidikan santri yang adaptif pada kultur masyarakat di Pondok Pesantren Al-I’anah Cepu melibatkan stakeholder pondok pesantren bekerjasama dengan masyarakat pengelola lembaga keagamaan dengan memperhatikan asal usul santri dalam membentuk generasi yang faqih, qur’ani, populis, dan berwawasan luas; (2) Proses pelaksanaan pendidikan santri yang adaptif pada masyarakat di Pondok Pesantren Al-I’anah Cepu dilaksanakan dalam tiga jenis, yaitu pembelajaran rutin di pondok pesantren, pembiasaan diri, dan praktik pengabdian masyarakat bagi santri arbain; dan (3) Model pendidikan santri yang adaptif pada kultur masyarakat yang diterapkan oleh pondok pesantren Al Ianah Cepu dengan cara melibatkan santri dalam kegiatan keagamaan, kemasyarakatan, dan praktik pengabdian masyarakat oleh santri arbain adalah model pendidikan adaptif partisipatif learning.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5524
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group