dc.description.abstract | Pendidikan karakter sangat penting untuk memperbaiki pribadi maupun lingkungan masyarakat. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki amanah untuk mengajar dan mendidik anak didiknya dengan ilmu agamanya agar berakhlak mulia untuk kehidupan di masa depan. Ditengah krisis moralitas yang melanda negeri, SMA Negeri 1 Turen Malang hadir sebagi wadah untuk mendidik generasi yang bermoral.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1. Perencanaan dan pelaksanaan pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 1 Turen Malang. 2. Pelaksanaan guru pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 1 Turen Malang. 3. Evaluasi dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 1 Turen Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview. Metode analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Data yang diperoleh adalah data dari hasil observasi, interview dan dokumentasi yang direduksi atau diolah untuk mendapatkan kesimpulan yang valid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1).Perencenaan Guru PAI dalam pembentukan karakter di SMA Negeri 1 Turen yakni melalui penanaman nilai karakter yang ditanamkan oleh guru PAI yaitu Nilai Religius, Kejujuran, Kedisiplinan, Tanggungjawab, Kepedulian, Rasa ingin tahu, Rasa percaya diri, Cinta Kebersihan dan Kerapian, serta Toleransi.2). Pelaksanaan guru PAI dalam pembentukan karakter siswa dengan cara; Pertama, dengan keteladanan. Guru memberi contoh dan ajakan langsung kepada siswa. Kedua, penanaman kedisplinan. Guru menegakkan kedisiplinan dengan memberi teguran bahkan sanksi bagi yang melanggar tata tertib di sekolah. Ketiga, dengan pembiasaan. Dengan program-program pembiasaan di sekolah seperti; sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, sholat ashar berjamaah, Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). 3). Evaluasi, Evaluasi terbagi menjadi dua macam, pertama evaluasi langsung yaitu evaluasi yang dilakukan saat itu juga, dan evaluasi tidak langsung sehingga menerbitkan aturan baru.
Kata Kunci: Strategi, Karakter | en_US |