Show simple item record

dc.contributor.authorYusuf, Diki Mochammad
dc.date.accessioned2022-09-27T03:39:52Z
dc.date.available2022-09-27T03:39:52Z
dc.date.issued2022-08-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5557
dc.description.abstractTujuan utama pendidikan Islam adalah untuk menghasilkan manusia yang baik, dalam mencapai tujuan tersebut dibutuhkan proses dan metode-metode yang efisien agar tujuan tersebut dapat tercapai secara maksimal sesuai yang diinginkan. Dalam pencapaian tujuan tersebut salah satunya yaitu dengan menanamkan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam pendidikan karakter kedalam diri siswa, dan ini membutuhkan proses yang panjang dan harus dijalankan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang memuaskan.SMPIT AS-SALAM merupakan salah satu lembaga pendidikan islam swasta yang ada di Kota Malang, dan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar sekolah ini juga menanamkan nilai sosial melalui Pembelajaran PAI kepada para siswanya untuk memperkuat keperdulian sosial para siswanya dan agar selalu berpegang teguh pada ajaran agama islam serta membentengi para siswa dari pengaruh budaya barat yang akan merusak masa depan mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; (1) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran PAI pada siswa kelas sembilan di SMPIT AS-SALAM MALANG,(2) untuk mendeskripsikan penanaman nilai sosial siswa kelas sembilan di SMPIT AS-SALAM MALANG, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan pen ghambat implementasi pembelajaran PAI dalam penanaman nilai sosial pada siswa kelas sembilan di SMPIT AS-SALAM MALANG. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan jenis penelitian study kasus.teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipatif,(3) dokumentasi. Proses analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data, editing (pemilahan), dan pengecekan keabsahan data. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa Implementasi pembelajaran PAI dalam penanaman nilai sosial pada siswa kelas sembilan di SMPIT AS-SALAM MALANG yaitu perencanaan berupa silabus, sosialisasi, RPP, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan penanaman nilai sosial pada siswa kelas sembilan di SMPIT AS-SALAM MALANG ada 2 cara yaitu intrakurikuler dan ekstrakurikuler, evaluasi dengan penilaian autentik, penilaian acuan kriteria, pelaporan hasil pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Nilai Sosialen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectNilai Sosialen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai Sosial pada Siswa Kelas Sembilan di SMPIT As-Salam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record