Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Diza Ulayya
dc.date.accessioned2022-10-28T02:47:31Z
dc.date.available2022-10-28T02:47:31Z
dc.date.issued2021-08-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5771
dc.description.abstractTerdapat empat ketrampilan berbahasa yang dimiliki oleh tiap individu yakni ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat ketrampilan tersebut tentu harus dilatih secara rutin agar anak atau siswa dapat terbiasa dengan hal tersebut. Keterampilan menulis merupakan salah satu ketrampilan yang memerlukan latihan rutin untuk mencapai hasil yang maksimal. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kurikulum saat ini target akhir dari tiap sub bab ialah siswa dapat menghasilkan tulisan sebagai hasil akhir sesuai dengan tema atau bab yang sedang dipelajari. Hal ini tentu dapat membantu para siswa agara lebih terampil dan kreatif lagi dalam menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan. Selain itu keterampilan menulis juga dapat membantu siswa dalam menuangkan apa yang ia rasa dalam tulisan sehingga mereka dapat merasa puas setelah berhasil menyelesaikan satu tulisan. Banyak faktor yang dapat memengaruhi keterampilan menulis siswa diantaranya terdapat faktor internal dan esternal. Faktor internal misalnya motivasi, minat dan bakat, tipe kepribadian sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan yang ditempati oleh siswa. Dalam penelitian ini peneliti memilih tipe kepribadian sebagai faktor pengaruh dan bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh tipe kepribadian introver dan ekstrover terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 21 Malang yang terdiri dari beberapa kelas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh tipe kepribadian introver dan ekstrover terhadap keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMPN 21 Malang. Data yang dianalisis berjumlah tiga puluh lima kuesioner dan hasil menulis teks narasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert untuk tipe kepribadian dengan 42 pertanyaan dan gambar berantai untuk karangan teks narasi. Analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan korelasi product momen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepribadian introver dan esktrover tidak berpengaruh dalam keterampilan menulis narasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t dan uji-f yaitu memiliki nilai signifikasi adalah 0,879 atau > 0,05 yang berarti tipe kepribadian introver dan ekstrover tidak berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMPN 21 Malang dari 35 siswa terdapat 16 siswa yang memiliki kepribadian introver dan 19 siswa memiliki kepribadian ekstrover. Jadi dapat disimpulkan bahwa subjek penelitian memiliki kecenderungan tipe kepribadian ekstrover, serta memiliki keterampilan menulis yang sedang. Hal ini dapat dilihat dari perolehan terbanyak pada kategori tinggi yaitu sebesar 77%. Dari penelitian ini dapat terlihat bahwa tipe kepribadian introver dan ekstrover belum tentu menjadi faktor yang dapat memengaruhi ketrampilan menulis karangan narasi pada siswa SMP Negeri 21 Malang. Kata Kunci: Tipe Kepribadian, Keterampilan Menulis, Teks Narasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.subjectTipe Kepribadianen_US
dc.subjectKeterampilan Menulisen_US
dc.subjectTeks Narasien_US
dc.titlePengaruh Tipe Kepribadian Introver dan Ekstrover terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record