Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi dalam rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Probolinggo.
Abstract
Perkembangan teknologi yang cepat dan informasi yang semakin mudah
diakses oleh masyarakat luas menuntut sebuah instansi pemerintahan melakukan
perubahan pelayanan. Penggunaan sistem aplikasi pada pelayanan Cabang Dinas
Pendidikan Probolinggo diharapkan dapat membantu petugas pelayanan
kepegawaian dalam pelaksanaan pelayanan yang dilakukan menjadi lebih cepat,
efektif, dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis dan
mendiskripsikan efektivitas dari pemanfaatan aplikasi berbasis teknologi
informasi pada pelayanan administrasi kepegawaian di Cabdin Probolinggo, (2)
menganalisis dan mendiskripsikan faktor-faktor pendorong efektivitas
pemanfaatan aplikasi berbasis teknologi informasi pada pelayanan administrasi
kepegawaian di Cabdin Probolinggo, dan (3) menganalisis dan mendiskripsikan
faktor-faktor penghambat efektivitas pemanfaatan aplikasi berbasis teknologi
informasi pada pelayanan administrasi kepegawaian di Cabdin Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu
penelitian yang membutuhkan kedalaman penghayatan terhadap interaksi antara
konsep atau analisis secara mendalam tentang hubungan-hubungan konsep yang
dikaji secara empirik. Di dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan
beberapa metode seperti; (a) observasi, (b) dokumentasi, dan (c) wawancara
mendalam. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga alur
kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu; reduksi data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) kapasistas sumber daya
manusia pelaku pelayanan dapat dikatakan cukup efektif dikarenakan adanya
keterbatasan pegawai, sarana dan prasarana pendukung pelayanan berbasis
teknologi informasi sudah efektif, dan dari segi penginputan data juga dapat
dikatan kurang efektif dikarenakan dalam persetujuan akhir data masih tergantung
pada kebijakan level di atas Cabang Dinas Pendidikan Jatim wilayah Probolinggo.
(2) faktor pendukung efektivitas layanan Cabdin Probolinggo yaitu; faktor
kesadaran, faktor aturan dalam pelaksanaan pelayanan tenaga administras, faktor
kemampuan dan keterampilan, faktor sarana dan prasarana. dan (3) faktor
penghambat layanan Cabdin Probolinggo meliputi; (a) rendahnya kualitas
sumberdaya aparatur, (b) kurangnya dukungan dari pemerintah terkait pengadaan
sumber daya manusia dan pendanaan, dan (c) kondisi kerja yang kurang kondusif.