Show simple item record

dc.contributor.authorKhasanah, Lailatul
dc.date.accessioned2022-10-31T02:48:28Z
dc.date.available2022-10-31T02:48:28Z
dc.date.issued2021-07-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5782
dc.description.abstractKeberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal (faktor yang ada pada diri siswa) dan faktor eksternal (faktor yang berada dari luar diri siswa). Faktor ekternal biasanya terdapat pada lingkungan sekitar, lingkungan alam, sosial ekonomi, guru, metode dalam mengajar, kurikulum, program, materi pembelajaran, sarana dan prasarana. Keterlibatan orang tua juga termasuk dalam salam satu faktor eksternal, diantaranya yaitu mengasuh dan membimbing anak- anaknya, mengawasi pendidikan anak-anaknya, dan mengemudikan pergaulan anak-anaknya. Untuk mencapai prestasi belajar yang positif, keterlibatan orang tua dalam belajar sangat diperlukan. Semakin tinggi keterlibatan orang tua dalam belajar akan semakin tinggi pula minat belajar anak yang berdampak baik pula pada prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan tingkat keterlibatan orang tua dalam belajar siswa kelas 2 SD Negeri Dadapan 01. 2). Mendeskripsikan tingkat prestasi belajar siswa kelas 2 SD Negeri Dadapan 01. 3). Mendeskripsikan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas 2 SD Negeri Dadapan 01. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis pelitian korelasional. Jumlah responden yang diteliti 24 siswa dengan rincian 14 laki-laki dan 10 perempuan. Peneliti menggunakan instrument pengumpulan data utama yaitu kuisioner dan dianalisa menggunakan Korelasi Point Biserial untuk mengetahui korelasi antara variabel X dengan variabel Y dan seberapa besar kontribusi yang diterangkan oleh variabel X terhadap variabel Sesuai dengan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan maka ditemukan beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut: (1) Hasil analisis kecenderungan skor menunjukkan skor keterlibatan orang tua dalam belajar siswa masuk dalam kategori tinggi dengan mean ideal (Mi) 51,5 dan standar deviasi ideal (Sdi) 5,5 diperoleh mean 57,00 berada pada kreteria tinggi (>53). (2) Nilai rata-rata prestasi siswa masuk dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai rapot 80 dari 7 mata pelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis korelasi poin biserial menggunakan SPSS 20 terdapat kerelasi signifikan antara keterlibatan orang tua dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar (p value = 0,000) dan terjadi hubungan yang positif antara keterlibatan orang tua dan prestasi belajar siswa (R=0,512) 51%. Dapat disimpulkan bahwasanya keterlibatan orang tua dalam belajar memiliki pengaruh yang sangat penting bagi prestasi belajar siswa. Adapun penelitian ini disarankan bagi orang tua untuk lebih memberikan perhatian dan melungkan waktu untuk anak-anaknya, memberikan motivasi yang bisa menjadikan anak lebih bersemangat dalam belajar. bagi siswa supaya lebih giat belajar lagi untuk mencapai cita-cita. Kemudian juga dapat menjadi referensi bagi penelitian lebih lanjut serta perlu dikaji lagi mengenai variabel keterlibatan orang tua dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Keterlibatan Orang Tua, Belajar Siswa, Prestasi Belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectKeterlibatan Orang Tuaen_US
dc.subjectBelajar Siswaen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Belajar terhadap Prestasi Siswa Kelas 2 Sd Negeri Dadapan 01en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record