Show simple item record

dc.contributor.authorImansyah, Fadli
dc.date.accessioned2022-11-05T01:48:05Z
dc.date.available2022-11-05T01:48:05Z
dc.date.issued2022-07-01
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5816
dc.description.abstractAWas E merupakan aplikasi pengawasan lingkungan dan penanganan pengaduan masyarakat yang dipergunakan sebagai sarana pelaksanaan pengawasan lingkungan terhadap pelaku usaha serta penanganan pengaduan masyarakat sehingga pelaku usaha tidak perlu menyampaikan secara langsung atau dalam bentuk hard copy laporan pengawasan setiap semester namun melalui aplikasi. Masyarakat yang melakukan pengaduan terkait indikasi penurunan kualitas air dan udara atau pencemaran dapat secara langsung menyampaikan melalui aplikasi serta dapat dilakukan pemantauan proses penyelesaiannya. pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu terhadap pelaku usaha dan / atau kegiatan sebanyak 52 pelaku usaha dan / atau kegiatan dari 311 pelaku usaha dan / atau kegiatan. Kecilnya jumlah pengawasan yang dilakukan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain minimnya jumlah Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup serta mekanisme dan prosedur pengawasan yang masih belum efektif. Sedangkan fokus dari penelitian ini adalah : 1) Penerapan inovasi pelayanan berbasis website meliputi : efektivitas inovasi, keberhasilan penerapan egovernment, dan penerapan prinsip-prinsip pelayanan publik; 2) Faktor pendorong dan penghambat; 3) Strategi mengatasi hambatan dalam inovasi pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penel i t ian deskript if dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah di Pemerintah Kota Batu. Sedangkan situs yang dipilih untuk melakukan penelitian ini adalah pada kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu. Teknik analisis data menggunakan interactive model analysis dari Miles, Huberman and Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses kepemimpinan yang berorientasi pada internalisasi nilai-nilai budaya dan prinsip – prinsip pelayanan publik bagi anggota tim kerja dan anggota unit kerja lain yang dalam pelaksanaan tugasnya menggunakan produk inovasi e-goverment dari aksi perubahan ini, sehingga dengan demikian dapat menjamin keberlanjutan produk inovasi ini. 2) Terdapat faktor pendukung dalam inovasi pelayanan berbasis aplikasi AWas E adalah Leadership, Regulation, Budget, Organization, Cultural sebagai faktor internal. Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal seperti Information Technology, Business Partner, Community, Academics. Sedangkan Faktor penghambat adalah Tidak adanya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang IT dan masyarakat pengguna layanan masih banyak yang lebih memilih untuk mendapatkan pelayanan secara offline dengan datang secara lagsung ke kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu. 3) Strategi aksi perubahan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu terhadap Aplikasi Awas E adalah dengan meningkatkan fasilitas komunikasi dua arah untuk media literasi, koordinasi dan kolaborasi antar stakeholder. Selain itu Dinas Lingkungan Kota Batu melakukan integrasi aplikasi dengan sistem informasi lainnya untuk dikembangkan sebagai sistem informasi baru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectPelayananen_US
dc.titleInovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Awas E (Studi Kasus Pelayanan Sistem Infomasi Pengawasan Lingkungan Dan Penanganan Pengaduan Masyarakat Aplikasi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Batuen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record