View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Administrative Science
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Administrative Science
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Awas E (Studi Kasus Pelayanan Sistem Infomasi Pengawasan Lingkungan Dan Penanganan Pengaduan Masyarakat Aplikasi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu

Thumbnail
View/Open
FULL TEXT S2_MIA_22002091007_FADLI IMANSYAH_TESIS.pdf (6.612Mb)
S2_MIA_22002091007_FADLI IMANSYAH.pdf (1.544Mb)
Date
2022-07-01
Author
Imansyah, Fadli
Metadata
Show full item record
Abstract
AWas E merupakan aplikasi pengawasan lingkungan dan penanganan pengaduan masyarakat yang dipergunakan sebagai sarana pelaksanaan pengawasan lingkungan terhadap pelaku usaha serta penanganan pengaduan masyarakat sehingga pelaku usaha tidak perlu menyampaikan secara langsung atau dalam bentuk hard copy laporan pengawasan setiap semester namun melalui aplikasi. Masyarakat yang melakukan pengaduan terkait indikasi penurunan kualitas air dan udara atau pencemaran dapat secara langsung menyampaikan melalui aplikasi serta dapat dilakukan pemantauan proses penyelesaiannya. pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu terhadap pelaku usaha dan / atau kegiatan sebanyak 52 pelaku usaha dan / atau kegiatan dari 311 pelaku usaha dan / atau kegiatan. Kecilnya jumlah pengawasan yang dilakukan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain minimnya jumlah Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup serta mekanisme dan prosedur pengawasan yang masih belum efektif. Sedangkan fokus dari penelitian ini adalah : 1) Penerapan inovasi pelayanan berbasis website meliputi : efektivitas inovasi, keberhasilan penerapan egovernment, dan penerapan prinsip-prinsip pelayanan publik; 2) Faktor pendorong dan penghambat; 3) Strategi mengatasi hambatan dalam inovasi pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penel i t ian deskript if dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah di Pemerintah Kota Batu. Sedangkan situs yang dipilih untuk melakukan penelitian ini adalah pada kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu. Teknik analisis data menggunakan interactive model analysis dari Miles, Huberman and Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses kepemimpinan yang berorientasi pada internalisasi nilai-nilai budaya dan prinsip – prinsip pelayanan publik bagi anggota tim kerja dan anggota unit kerja lain yang dalam pelaksanaan tugasnya menggunakan produk inovasi e-goverment dari aksi perubahan ini, sehingga dengan demikian dapat menjamin keberlanjutan produk inovasi ini. 2) Terdapat faktor pendukung dalam inovasi pelayanan berbasis aplikasi AWas E adalah Leadership, Regulation, Budget, Organization, Cultural sebagai faktor internal. Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal seperti Information Technology, Business Partner, Community, Academics. Sedangkan Faktor penghambat adalah Tidak adanya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang IT dan masyarakat pengguna layanan masih banyak yang lebih memilih untuk mendapatkan pelayanan secara offline dengan datang secara lagsung ke kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu. 3) Strategi aksi perubahan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu terhadap Aplikasi Awas E adalah dengan meningkatkan fasilitas komunikasi dua arah untuk media literasi, koordinasi dan kolaborasi antar stakeholder. Selain itu Dinas Lingkungan Kota Batu melakukan integrasi aplikasi dengan sistem informasi lainnya untuk dikembangkan sebagai sistem informasi baru.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5816
Collections
  • MT - Administrative Science

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group