Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Awas E (Studi Kasus Pelayanan Sistem Infomasi Pengawasan Lingkungan Dan Penanganan Pengaduan Masyarakat Aplikasi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu
Abstract
AWas E merupakan aplikasi pengawasan lingkungan dan penanganan
pengaduan masyarakat yang dipergunakan sebagai sarana pelaksanaan
pengawasan lingkungan terhadap pelaku usaha serta penanganan pengaduan
masyarakat sehingga pelaku usaha tidak perlu menyampaikan secara langsung
atau dalam bentuk hard copy laporan pengawasan setiap semester namun
melalui aplikasi. Masyarakat yang melakukan pengaduan terkait indikasi
penurunan kualitas air dan udara atau pencemaran dapat secara langsung
menyampaikan melalui aplikasi serta dapat dilakukan pemantauan proses
penyelesaiannya. pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas
Lingkungan Hidup Kota Batu terhadap pelaku usaha dan / atau kegiatan
sebanyak 52 pelaku usaha dan / atau kegiatan dari 311 pelaku usaha dan / atau
kegiatan. Kecilnya jumlah pengawasan yang dilakukan disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain minimnya jumlah Pejabat Pengawas Lingkungan
Hidup serta mekanisme dan prosedur pengawasan yang masih belum efektif.
Sedangkan fokus dari penelitian ini adalah : 1) Penerapan inovasi pelayanan
berbasis website meliputi : efektivitas inovasi, keberhasilan penerapan egovernment,
dan penerapan prinsip-prinsip pelayanan publik; 2) Faktor
pendorong dan penghambat; 3) Strategi mengatasi hambatan dalam inovasi
pelayanan.
Penelitian ini menggunakan jenis penel i t ian deskript if dengan
pendekatan kualitatif. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah di
Pemerintah Kota Batu. Sedangkan situs yang dipilih untuk melakukan penelitian
ini adalah pada kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu. Teknik analisis data
menggunakan interactive model analysis dari Miles, Huberman and Saldana
(2014).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses kepemimpinan yang
berorientasi pada internalisasi nilai-nilai budaya dan prinsip – prinsip pelayanan
publik bagi anggota tim kerja dan anggota unit kerja lain yang dalam
pelaksanaan tugasnya menggunakan produk inovasi e-goverment dari aksi
perubahan ini, sehingga dengan demikian dapat menjamin keberlanjutan produk
inovasi ini. 2) Terdapat faktor pendukung dalam inovasi pelayanan berbasis
aplikasi AWas E adalah Leadership, Regulation, Budget, Organization, Cultural
sebagai faktor internal. Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal seperti
Information Technology, Business Partner, Community, Academics. Sedangkan
Faktor penghambat adalah Tidak adanya Sumber Daya Manusia (SDM) di
bidang IT dan masyarakat pengguna layanan masih banyak yang lebih memilih
untuk mendapatkan pelayanan secara offline dengan datang secara lagsung ke
kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu. 3) Strategi aksi perubahan yang
dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu terhadap Aplikasi Awas E
adalah dengan meningkatkan fasilitas komunikasi dua arah untuk media literasi,
koordinasi dan kolaborasi antar stakeholder. Selain itu Dinas Lingkungan Kota
Batu melakukan integrasi aplikasi dengan sistem informasi lainnya untuk
dikembangkan sebagai sistem informasi baru.