Show simple item record

dc.contributor.authorIllah, Atok
dc.date.accessioned2022-11-05T01:48:17Z
dc.date.available2022-11-05T01:48:17Z
dc.date.issued2022-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5818
dc.description.abstractSalah satu komponen penting yang harus diperhatikan secara terus menerus dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah tenaga pendidik, karena ia dalam konteks pendidikan mempunyai peranan yang besar. Kunci keberhasilan pendidikan di madrasah ditentukan oleh tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Perencanaan kepemimpinan kepala madrasah, (2) Implementasi kepemimpinan kepala madrasah, dan (3) Evaluasi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan tahfidziyah di Madrasah Tsanawiyah Al- Ikhlas Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Sumber data didapat dari narasumber, peristiwa, dokumen dan arsip. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara tak terstruktur, Observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari analisis sebelum lapangan, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mengenai Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Tahfidziyah di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Kota Bontang disimpulkan bahwa:(1) Perencanaan kepemimpinan kepala madrasah dalam hal ini dilakukan dengan langkah mulai dari pengumpulan ide melalui rapat awal tahun, pembentukan tim pengembang kurikulum, penetapan dokumen kurikulum, dan penetapan program penilaian sebagai dasar pelaksanaan evaluasi program, (2) Implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam hal ini diterapkan melalui pembelajaran tahfidziyah dalam bentuk muatan lokal yang diajarkan setiap pagi hari untuk seluruh peserta didik dengan jadwal yang telah ditentukan, yakni 3 juz untuk reguler, 3 juz untuk kelas model, dan 9 juz untuk kelas akselerasi, dan (3) Evaluasi kepemimpinan kepala madrasah dalam hal ini dilakukan dengan sistem hafalan memberi dampak positif kepada guru untuk membentuk komunitas belajar antar guru dan hasil penilaian tahfidziyah digabungkan dengan seluruh kelompok mata pelajaran agama Islam.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectkepemimpinan kepala madrasahen_US
dc.subjectprofesionalen_US
dc.titleKepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Tahfidziyah di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Kota Bontangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record