View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Tahfidziyah di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Kota Bontang

Thumbnail
View/Open
FULL TEXT Tesis P Atok_22002011051 Juni-22 (Ok).pdf (3.645Mb)
S2_PAI_22002011051_ATOK ILLAH.pdf (1.370Mb)
Date
2022-07-20
Author
Illah, Atok
Metadata
Show full item record
Abstract
Salah satu komponen penting yang harus diperhatikan secara terus menerus dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah tenaga pendidik, karena ia dalam konteks pendidikan mempunyai peranan yang besar. Kunci keberhasilan pendidikan di madrasah ditentukan oleh tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Perencanaan kepemimpinan kepala madrasah, (2) Implementasi kepemimpinan kepala madrasah, dan (3) Evaluasi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan tahfidziyah di Madrasah Tsanawiyah Al- Ikhlas Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Sumber data didapat dari narasumber, peristiwa, dokumen dan arsip. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara tak terstruktur, Observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari analisis sebelum lapangan, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mengenai Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Tahfidziyah di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Kota Bontang disimpulkan bahwa:(1) Perencanaan kepemimpinan kepala madrasah dalam hal ini dilakukan dengan langkah mulai dari pengumpulan ide melalui rapat awal tahun, pembentukan tim pengembang kurikulum, penetapan dokumen kurikulum, dan penetapan program penilaian sebagai dasar pelaksanaan evaluasi program, (2) Implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam hal ini diterapkan melalui pembelajaran tahfidziyah dalam bentuk muatan lokal yang diajarkan setiap pagi hari untuk seluruh peserta didik dengan jadwal yang telah ditentukan, yakni 3 juz untuk reguler, 3 juz untuk kelas model, dan 9 juz untuk kelas akselerasi, dan (3) Evaluasi kepemimpinan kepala madrasah dalam hal ini dilakukan dengan sistem hafalan memberi dampak positif kepada guru untuk membentuk komunitas belajar antar guru dan hasil penilaian tahfidziyah digabungkan dengan seluruh kelompok mata pelajaran agama Islam.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5818
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group