Show simple item record

dc.contributor.authorJannah, Rosa Ithrotul
dc.date.accessioned2022-11-05T02:23:35Z
dc.date.available2022-11-05T02:23:35Z
dc.date.issued2022-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5839
dc.description.abstractPendidikan bagi anak berkebutuhan khusus menjadi sorotan banyak orang dan banyak dari mereka yang menekankan agar dapat memberikan pendidikan yang dapat menunjang cara beripikir anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya pendidikan berkhusus tentu dengan metode atau bahkan dengan materi yang akan diberikan juga memerlukan perlakuan yang berbeda dari anak normal lainnya. Alasan dilakukan di SDLB Tamima Mumtaz karena disekolah tersebut pernah menggunakan media gambar namun belum efektif dan belum mencapai tingkat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakeristik Anak Berkebutuhan Khusus Autis yang terdapat di SDLB Tamima mumtaz, Karakteristik penggunaan media dalam pembelajaran, Jenis media yang digunakan dalam pembelajaran, Pelaksanaan, hambatan dan solusi dalam penggunaan media di SDLB Tamima Mumtaz. Subjek dalam penelitian ini dari guru da guru dan siswa ABK Autis yang terdapat di sekolah guru dan siswa ABK Autis yang terdapat disekolahak ABK Autis. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media kartu gambar dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Jenis Penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis deskriptif karena menjelaskan tentang pemanfaatan media gambar yang ada di SDLB Tamima Mumtaz secara mendalam dengan cara mengumpulkan data secara detail, latar penelitian ini dilakukan di sekolah SDLB Tamima Mumtaz yang terletak di desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon. Sumber data dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh secara langsung melalui iforman dan anak ABK yang diteliti dan juga media gambar yang digunakan sebagai bahan penelitian, pengamatan keadaan fisik lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, metode, peneliti, dan teori. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian melalui deskriptif kualitatif, data yang diperoleh dari penelitian tentang pemanfaatan media kartu gambar pada pembelajaran tematik Hewan Disekitarku pada ABK autis di SDLB Tamima Mumtaz. Fokus satu mengenai karakteristik ABK yang terdapat di SDLB Tamima Mumtaz ditemukan siswa berkebutuhan khusus autis dengan gejala Gangguan berinteraksi dengan orang lain, Senang menyendiri di dalam kelas, Tidak konsentrasi dalam pembelajaran, dan Suka berbicara sendiri. Fokus dua penggunaan media dalam pembelajaran terbilang relatif dan efisien terlihat saat guru memberikan pertanyaan dan setiap anak mampu menjawab pertanyaan yang sudah diberikan oleh guru, setiap anak dapat menyebutkan nama hewan yang terdapat dalam kartu gambar. Fokus tiga tentang jenis media yang digunakan di SDLB Tamima Mumtaz menyebutkan selain buku sumber juga menggunakan media kartu gambar yang berasal dari peneliti. Kartu gambar tersebut berisi gambar hewan disertai nama hewan tersebut. Dan tidak ditemukan lagi media yang lain selain buku sumber dan media gambar visual. Fokus empat terdapat hambatan dalam pelaksaan penggunaan media kartu gambar, yaitu karena kartu dengan ukuran sedikit kecil ketika guru menjelaskan siswa tidak dapat mengerti kartu yang ditunjuk oleh guru dan terbatas dalam penggunaan media gambar, karena tidak semua anak memegang kartu gambar yang sama sehingga dibutuhkan banyak kartu lagi dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini terdapat siswa berkebutuhan khusus autis baik secara fisik, psikologis, kognitif maupun social. Peneliti menggunakan media kartu gambar dalam pembelajaran agar lebih efektif dan efisien sehingga media kartu gambar layak digunakan di SDLB Tamima Mumtaz. Tidak sekedar belajar dari buku sumber melainkan dilengkapi dengan media gambar jenis hewan yang ada disekitar lingkungan sekolah sehingga mereka bisa belajar lebih maksimal. Dalam penggunaan media juga terdapat hambatan dalam penggunaan media kartu gambar yaitu karena tidak semua anak memegang kartu gambar yang sama sehingga dibutuhkan banyak kartu lagi dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Gambar, Pembelajaran Tematik, ABK Autisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.subjectPembelajaran Tematiken_US
dc.subjectABK Autisen_US
dc.titleImplementasi Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Tematik (Hewan Disekitarku) Kelas I pada ABK Autis di SDLB Tamima Mumtazen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record