Show simple item record

dc.contributor.authorNafi’ah, Siti
dc.date.accessioned2022-11-05T02:25:18Z
dc.date.available2022-11-05T02:25:18Z
dc.date.issued2022-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5843
dc.description.abstractPembelajaran merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menambahanya wawasan. Pembelajaran biasanya dilakukan di lingkungan sekolah dimana terdapat pendidik dan peserta didik yang melakukan interaksi dalam proses mentrasfer ilmu. Dengan demikian maka peserta didik akan memiliki pengetahuan. Pendidikanlah yang akan membuat peserta didik lebih luas dalam berpikir, bertindak, melangkah dan lebih baik. Adapun teks negosiasi merupakan suatu teks yang berisikan interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyelesaikan maasalah dengan tujuan yang berbeda. Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran teks negosiasi dengan menggunakan peta konsep dan gambar kontekstual pada kelas X IPA SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran teks negosiasi menggunakan media peta konsep dan gambar kontekstual kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Peneliti disini terjun secara langsung dalam penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah tes, angket, dan dokumentasi. Adapun model pembelajaran menggunakan model kontekstual (Contextual Teaching and Learnig (CTL)) yang merupakan pembelajaran dengan cara mengaitkan kehidupan sehari-hari dalam dunia nyata. Hasil penelitian dalam pembelajaran teks negosiasi menunjukkan bahwa proses sebelum pembelajaran adalah perencanaan yang merupakan dengan pembuatan RPP dengan media peta konsep dan gambar kontekstual. Proses pembelajaran yang berlangsung dalam kelas sudah cukup baik. Adapun yang terakhir adalah evaluasi, dalam pembelajarn teks negosiasi ini dengan mennggunakan media peta konsep dan gambar kontekstual sudah memuaskan. Adapun rata-rata dalam performa 85, tes tulis menentukan struktur teks negosiasi 86,4 dan menulis teks negosiasi 84,2. Dengan demikian nilai rata-rata dalam pembelajaran teks negosiasi kelas X IPA SMA Islam Diponegoro Wagir Malang dinyatakan tuntas. Media peta konsep dan gambar kontekstual sangat menunjang pembelajaran, dengan adanya media tersebut membuat peserta didik menjadi fokus memperhatikan dan semangat dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran Teks Negosiasi, Peta Konsep, Gambar Kontekstualen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.subjectPembelajaran Teks Negosiasien_US
dc.subjectPeta Konsepen_US
dc.subjectGambar Kontekstualen_US
dc.titlePembelajaran Teks Negosiasi Menggunakan Peta Konsep dan Gambar Kontekstual pada Kelas X IPA SMA Islam Diponegoro Wagir Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record