dc.description.abstract | Penddikan merupakan suatu tombak dalam mempertajam wawasan ilmu pengetahuan yang dimana dengan seiringnya waktu dan perkembangan zaman bahanajar adalah suatu kunci utama dalam mempermudah proses pembelajaran, sehingga dengan proses ini bertujuannya untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia. . Tujuan penelitian ini yaitu untuk bisa mengatasi persoalan diatas ada tiga yaitua.Mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar teks narasi menggunakan pendekatan konstruktivisme.b.Mendeskripsikan bahan ajar teks narasi dengan pendekatan sesuai kebutuhan siswa dan guru,c.Mendeskripsikan bahan ajar teks narasi dengan pendekatan konstruktivisme setelah perbaikan. Model pengembangan bahan ajar E-book teks narasi ada tiga: a.Model pendefinisan,b.Model perancangan, c.Model pengembangan.Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa .Analisis data yang digunakan dalam penelitian iniyaitu teknik analisis deskriptif,kualitatif dan kuantitatif Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ole penneliti dpt diketahui bahwa produk bahan ajar yang di kembangkan mendapat presentse 94,6% dari ahli materi 85,7% dari ahli bahasa, 85,4 sedangkan dari angket tespon siswa mendapat presentase 81,8 %Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan produk bahan ajar valid dan dapat digunakan pada proses pembelajaran. | en_US |