Implementasi Kurikulum 2013 pada Pelajaran Al- Qur’an Hadis di MadrasahTsanawiyah Satu Atap Al-Mustaqim Lawang Malang
Abstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik adalah sebagai realisasi
beriman kepada Kitabullah (Al-Qur’an). Perintah membaca Al-Qur’an sudah
diperintahkan sejak turunnya wahyu pertama kali QS. Surat Al-Alaq ayat 1-5
yang memiliki pesan kepada umat Islam untuk membaca. Untuk membekali
kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, dilakukanlah implementasi
kurikulum 2013 pada pelajaran Al-Qur’an Hadis materi hukum bacaan gharib
terhadap kegiatan kokurikuler BTQ dengan melalui perencanaan, proses
implementasi dan sistem evaluasi. Melalui pengetahuan gharib tersebut peserta
didik mendapatkan ilmu dalam membaca Al-Qur’an. Sehingga kualitas membaca
Al-Qur’an peserta didik meningkat.
Tujuan penelitian ini untuk mendiskusikan dan menganalisis serta
memberikan interpretasi terhadap perencanaan, proses implementasi dan sistem
evaluasi kurikulum 2013 pada pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah
Tsanawiyah Satu Atap Al-Mustaqim Lawang Malang.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian
studi kasus observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang diperoleh dianalisis dengan cara pengumpulan,
kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan implementasi
kurikulum 2013 pada pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Satu Atap Al-Mustaqim
Lawang Malang dilaksanakan melalui perumusan tujuan, proses analisis dan
pemetaan kognitif, sasaran, silabus, pengembangan materi, strategi pembelajaran
dan RPP 2) Proses implementasi kurikulum 2013 pada pelajaran Al-Qur’an Hadis
di MTs Satu Atap Al-Mustaqim Lawang Malang melalui tahap introduksi, tahap
inti dan tahap penutup. 3) Sistem evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada
pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Satu Atap Al-Mustaqim Lawang Malang
menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian kompetensi
pengetahuan, penilaian kompetensi sikap dan penilaian kompetensi keterampilan.