dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi tentang bagaimana penggunaan strategi dalam kegiatan pembelajaran berbicara siswa. Sehubungan dengan hal tersebut dalam penelitian ini dikaji tentang pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal dan metakognisi terhadap kemampuan berbicara siswa Kelas VII Mts Al-Ittihad. Pembelajaran ketrampilan berbicara merupakan salah satu bagian pelajaran yang penting dalam pembelajaran, selaiin itu kegiatan berbicara merupakan seni berbicara yang dimiliki sesorang yang bertujuan untuk menyampaikan pesan lisan secara efektif, sebagai bentuk komunikasi kepada lawan bicara. Pada proses belajar mengajar di kelas terdapat bebrapa faktor yang dapat menghambat kemajuan belajar siswa, yakni faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern merupakan faktor yang berhubungan dengan segala sesuatu yang ada pada diri siswa yang menunjang pembelajaran, seperti bakat, kemampuan motorik, panca indra dan skema berpikir. Faktor ekstren merupakan segala sesuatu yang berasal dari luar diri siswa yang mengkondisikannya dalam pembelajaran, seperti pengalaman, lingkungan sosial, metode belajar mengajar. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah, rumusan masalah khusus dan rumusan masalah umum. Rumusan masalah umum yaitu Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan Metakognisi Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VII Mts Al-Ittihad Poncokusumo tahun ajaran 2019/2020. Rumusan masalah khusus yaitu (a) bagaimanakah kemampuan komunikasi interpersonal, kemampuan metakognisi dan kemampuan berbicara siswa kelas VII, (b) bagaimana pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII, (c) bagaimanakah pengaruh kemampuan metakognisi terhadapkemampuan metakognisi siswa kelas VII, (d) bagaimanakah pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal dan metakognisi siswa terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII Mts Al-Ittihad. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data penelitian ini berbentuk angka dan analisis data dilakukan dengan menggunakan prosedur statistik yang bertujuan untuk mengukur pengaruh kemampuan komunikasi dan metakognisi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII Mts Al-Ittihad Poncokusumo. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII Mts Al- Ittihad yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Sesuai dengan rancangan yang digunakan, penelitian ini menggunakan analisis Two Way Anova. | en_US |