INTERNALISASI NILAI-NILAI KEARIFAN DALAM PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS BUDAYA DENGAN PEMANFAATAN TIK
Abstract
Pembelajaran BIPA berbasis budaya dan pemanfaatan TIK merupakan upaya
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran BIPA. Dengan penanaman nilai-nilai
kearifan dari berbagai etnis di Indonesia diharapkan mampu membangun suasana
belajar BIPA yang menyenangkan dan lebih bermakna, serta memperkokoh jari diri
bangsa Indonesia. Nilai yang terkandung dalam bingkai kearifan dapat menjadi
pendorong untuk membangun karakter pembelajar, sekaligus menjadi penjaga
kelestarian jati diri bangsa Indonesia sebagai pemangku nilai-nilai kearifan tersebut.
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran BIPA diharapkan juga dapat memberi manfaat
yang meliputi aspek kepraktisan, efektivitas, dan efisiensi. Sehubungan dengan hal
tersebut dalam makalah ini dikaji tentang (1) pembelajaran BIPA berbasis budaya, (2)
internalisasi nilai kearifan dalam pembelajaran BIPA, (3) aplikasi pembelajaran BIPA
berbasis TIK, dan (4) model pembelajaran BIPA berbasis budaya dan TIK.