LITERASI SAINS DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Show simple item record

dc.contributor.author Werdiningsih, Dyah
dc.date.accessioned 2022-11-09T09:24:41Z
dc.date.available 2022-11-09T09:24:41Z
dc.date.issued 2021-11-02
dc.identifier.isbn 978-623-329-473-7
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5914
dc.description [ARSIP] Publikasi Dosen FKIP UNISMA en_US
dc.description.abstract Pembelajaran pada saat ini, termasuk pembelajaran BI (BI), hendaknya mengarah pada proses kegiatan yang dapat membentuk kemampuan siswa untuk dapat menghadapi era revolusi industri 4.0, dan peka terhadap masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, konvergensi ilmu dan teknologi, ekonomi berbasis pengetahuan, kebangkitan industri kreatif dan budaya, pergeseran kekuatan ekonomi dunia, serta pengaruh teknologi berbasis sains. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penguasaan literasi membaca, matematika, dan sains merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembelajaran. Artinya, kegiatan pembelajaran tidak hanya berorientasi pada penguasaan pengetahuan saja, lebih dari itu, kegiatan pembelajaran seharusnya berorientasi pada proses pembelajaran dan implementasi dari pengetahuan. Terkait dengan hal tersebut, literasi sains penting untuk dikuasai oleh siswa yakni berkenaan dengan cara siswa dapat memahami lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, dan masalahmasalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi dan kemajuan, serta perkembangan ilmu pengetahuan. Pembelajaran bahasa diorientasikan pada tujuan untuk mengembangkan kompetensi komunikatif. Karena itu, pembelajaran BI di sekolah hendaknya diorientasikan pada pencapaian kemahiran berbahasa Indonesia dalam kominikasi. Dengan kemahiran berbahasa Indonesia yang dimilikinya, siswa diharapkan dapat memiliki keprofesionalan di bidangnya dan dapat mengemukakan gagasan keilmuan sesuai dengan bidangnya. Untuk mencapai harapan tersebut, perlu dilakukan pengembangan program pembelajaran BI sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran disertai dengan materi pembelajaran yang mendukung efektivitas, efisiensi, dan kemenarikannya. Upaya ini dimaksudkan untuk menyiapkan kondisi belajar yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran BI di sekolah. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher CV. Literasi Nusantara Abadi en_US
dc.subject literasi en_US
dc.subject sains informasi en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.title LITERASI SAINS DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA en_US
dc.type Book en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account