View Item 
  •   UNISMA Repository
  • UNISMA Book's
  • Faculty of Teacher Training and Education Book's
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • UNISMA Book's
  • Faculty of Teacher Training and Education Book's
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

LITERASI SAINS DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Thumbnail
View/Open
Content (2.065Mb)
Date
2021-11-02
Author
Werdiningsih, Dyah
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembelajaran pada saat ini, termasuk pembelajaran BI (BI), hendaknya mengarah pada proses kegiatan yang dapat membentuk kemampuan siswa untuk dapat menghadapi era revolusi industri 4.0, dan peka terhadap masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, konvergensi ilmu dan teknologi, ekonomi berbasis pengetahuan, kebangkitan industri kreatif dan budaya, pergeseran kekuatan ekonomi dunia, serta pengaruh teknologi berbasis sains. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penguasaan literasi membaca, matematika, dan sains merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembelajaran. Artinya, kegiatan pembelajaran tidak hanya berorientasi pada penguasaan pengetahuan saja, lebih dari itu, kegiatan pembelajaran seharusnya berorientasi pada proses pembelajaran dan implementasi dari pengetahuan. Terkait dengan hal tersebut, literasi sains penting untuk dikuasai oleh siswa yakni berkenaan dengan cara siswa dapat memahami lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, dan masalahmasalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi dan kemajuan, serta perkembangan ilmu pengetahuan. Pembelajaran bahasa diorientasikan pada tujuan untuk mengembangkan kompetensi komunikatif. Karena itu, pembelajaran BI di sekolah hendaknya diorientasikan pada pencapaian kemahiran berbahasa Indonesia dalam kominikasi. Dengan kemahiran berbahasa Indonesia yang dimilikinya, siswa diharapkan dapat memiliki keprofesionalan di bidangnya dan dapat mengemukakan gagasan keilmuan sesuai dengan bidangnya. Untuk mencapai harapan tersebut, perlu dilakukan pengembangan program pembelajaran BI sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran disertai dengan materi pembelajaran yang mendukung efektivitas, efisiensi, dan kemenarikannya. Upaya ini dimaksudkan untuk menyiapkan kondisi belajar yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran BI di sekolah.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5914
Collections
  • Faculty of Teacher Training and Education Book's

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group