dc.description.abstract | Dalam proses pembelajaran pasti terdapat berbagai kendala dan hambatan yang dialami oleh guru. Seperti kurang fokus saat guru menjelaskan pelajaran, siswa asik sendiri dengan temannya dan lainnya. Hal ini sering sekali dihadapi oleh setiap guru. Saat menghadapi permasalah seperti demikaian, guru perlu strategi untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Yaitu dengan mengkondisikan kelas atau mengelolas kelas, agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.
Pada penelitan ini peneliti menyusun prencanaan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menekankan pada implementasi pengelolaan kelas dan pemberian motivasi pada siswa. Dengan menggunnakan metode penelitian kualitatif. Dengan harapan hasil yang didapaat sesuai dengan keiginan peneliti. Guru mampu mengelola kelas dengan baik dan siswa bersemangat dalam mengiuti pembelajaran. Pemberian motivasi pada siswa dianggap lebih efektif untuk meningkatkan kenginan siswa mengikuti pembelajaran. Dari pada hanya memberian nilai baagus tanpa adanya motivasi yang diberikan guru pada siswa. Sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, aktif serta antusiasnya para siswa yang tinggi.
Fokus penelitian ini adalah perencanaan pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI 08 Malang, pelaksanaan pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI 08 Malang dan hasil pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI 08 Malang.
Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan perencanaan pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI 08 Malang, mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI 08 Malang dan mendeskripsikan hasil pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI 08 Malang.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian studi kasus. Studi kasus yang dilakukan peneliti yaitu SMP PGRI 08 Malang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu, observasi tidak terstruktur, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi terhadap, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah dan waka kurikulum SMP PGRI 08 Malang. Dalam kegiatan analisis data terdapat empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini di kelas VIII guru PAI mengkolaborasikan strategi dan metode diskusi dan mindmapping serta menata tempat duduk secara berkelompok. Dengan mengkolabirasikan strategi, metode dan pengelolaan kelas ini siswa kelas VIII terlihat memiliki motivasi untuk mengikuti pembelajaran PAI dengan semangat. Kendala dan hambatan yang di alami guru PAI ketika mengajar yaitu berupa media pembelajaran seperti proyektor. Hasil kegiatan pembelajaran guru PAI di kelas VIII dengan menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang dikolaborasikan dengan pengelolaan kelas nilai yang dihasilkan siswa relatif. Nilai bagus akan di dapatkan siswa ketika materi yang dibahas sering ditemui dan dialami oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari seperti materi akhlak terpuji. Sedangkan nilai siswa akan menurun jika materi yang dipelajari jarang ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari seperti sholat-sholat sunnah. Namun jika diperhatikan siswa kelas VIII siswanya terbilang aktif dan kreatif terlihat saat kegiatan belajar berlangsung. Guru di SMP PGRI 08 Malang selalu membuat dan mengumpulkan perangkat pembelajaran di awal semester. Sebagai bentuk perencanaan guru yang akan diterapkan dikelas yang akan melaksakan kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Pengelolahan Kelas, Motivasi Belajar | en_US |