Show simple item record

dc.contributor.authorAl-Ghifari, Alif Mustahib
dc.date.accessioned2022-11-18T02:20:22Z
dc.date.available2022-11-18T02:20:22Z
dc.date.issued2021-07-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5972
dc.description.abstractPenelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perencanaan, penerapan dan evaluasi dalam implementasi manajemen kelas pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Islam Manbaul Huda Al-Mubarok Jabon Sidoarjo sehingga untuk memaksimalkan kinerja guru PAI meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Demikian juga analisis data penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yakni menginterprestasikan dengan penjelasan-penjelasan deskriptif menjadi kesimpulan terkait implementasi manajemen kelas pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Islam Manbaul Huda Al-Mubarok Jabon Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Perencanaan manajemen kelas pada mata pelajaran PAI dengan menyusun program tahunan, program semester, rencana perangkat pembelajaran, kalender akademik, dan KKM untuk mencapai sasaran pembelajaran yang efektif serta melakukan langkah-langkah dengan menentukan kompetensi dasar, memilih bahan ajar, merencanakan kegiatan pembelajaran, menentukan media pembelajaran, penyusunan evaluasi pembelajaran. Pada penerapan manajemen kelas menggunakan pengaturan pendisiplinan peserta didik, guru memberikan hukuman yang tidak selalu sama dan dilihat dari pelanggaran yang dibuat siswa, apabila alasan siswa dapat difahami akan diberi toleransi, namun apabila sebaliknya akan diberikan hukuman sesuai dengan jenis pelanggarannya. Kedisiplinan yang direncanakan dalam kegiatan positif untuk meningkatkan karakteristik kedisiplinan sekolah, sehingga dapat terwujudnya efektifitas dalam meningkatkan rasa tanggung jawab elemen sekolah. Untuk menarik perhatian siswa dikelas yang dalam keadaan tidak bisa dikendalikan, guru tersebut memberikan suatu permainan yang berupa teka-teki yang masih berhubungan dalam pelajaran agar siswa tetap fokus atau memberikan cerita yang menarik agar siswa terbawa suasana dan tentunya masih bersangkutan pada mata pelajaran. Pembelajaran siswa yang efektif membutuhkan kelas yang kondusif dan nyaman sehingga dapat menimbulkan gairah belajar yang tinggi pada peserta didik. Dalam pelaksanaan evaluasi pada pembelajaran PAI menekankan pada penilaian proses. Penilaian tersebut proses dilakukan oleh kepala sekolah dan guru memberikan penilaian terdiri dari tiga ranah yakni ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Mata Pelajaran PAI.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectManajemen Kelasen_US
dc.subjectMata Pelajaran PAIen_US
dc.titleImplementasi Manajemen Kelas pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Islam Manbaul Huda Al-Mubarok Jabon Sidoarjoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record