dc.description.abstract | Permasalahan pendidikan pada saat ini adalah mrosotnya mutu pendidikan, kemrosotan pendidikan dan meningkatnya kenakalan remaja. Namun masalah yang sering terjadi pada siswa-siswi di sekolah adalah pergaulan antara lawan jenis yang melampui batas, bahkan perilaku berpacaran sudah menjadi hal yang wajar pada pelajar saat ini. Perilaku penyimpangan tersebut dilakukan karena memang intensitas bertemu antara lawan jenis yang memang realitanya sekolah di Indonesia mayoritas pembelajaran dilakukan sama-sama antara siswa laki-laki dan perempuan. Adapun setiap lembaga sekolah menjadikan lulusan peserta didiknya dengan lulusan yang berkualitas agar bisa melanjutkan kejanjang perguruan tinggi. Banyak lembaga sekolah menggunkan model-model dalam pembelajaran untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan produktivitas belajar peserta didik.
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Perencanaan sistem pembelajaran pemisah kelas antara laki-laki dan perempuan dalam meningkatkan produktivitas belajar pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari? (2) Pelaksanaan sistem pembelajaran pemisah kelas antara laki-laki dan perempuan dalam meningkatkan produktivitas belajar pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari? (3) Evaluasi sistem pembelajaran pemisah kelas antara laki-laki dan perempuan dalam meningkatkan produktivitas belajar pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan sistem pembelajaran pemisah kelas antara siswa-siswi dalam meningkatkan produktivitas belajar pada mata pelajaran PAI di kelas IX di SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan sistem pembelajaran pemisah kelas antara siswa-siswi dalam meningkatkan produktivitas belajar pada mata pelajaran PAI di kelas IX di SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari. (3) Mendeskripsikan evaluasi sistem pembelajaran pemisah kelas antara siswa-siswi dalam meningkatkan produktivitas belajar pada mata pelajaran PAI di kelas IX di SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlandaskan atas fenomenologi dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus di SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari, maka dari itu penelitian ini diharapkan mampu mengungkapkan berbagai informasi yang terjadi di lapangan yang didukung dengan data-data yang telah diperoleh. Sehingga peneliti dapat menganalisis yang kemudian dapat di simpulkan sebagai hasil akhir dari penelitian.
Kehadiran peneliti di lokasi penelitian memiliki pengaruh penting untuk memperoleh suatu informasi atau data dengan sedetail mungkin. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang mana menjadikan rujukan untuk pengemabilan data dalam penelitian ini. Untuk mendapatkan data yang dapat di petanggung jawabkan maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara , dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalaui pengumpulan data, reduksi, data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sehingga peneliti lebih mudah untuk menemukan hasil dari penelitian ini. Sedangkan pengecekkan keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan diskusi teman sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Implementasi Sistem Pembelajaran Pemisah Kelas Antara Siswa Laki-Laki dan Perempuan Dalam Meningkatkan Produktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari, sebagai berikut : (1) Perencanaan sistem pembelajaran pemisah kelas antara siswa laki-laki dan perempuan dalam meningkatkan produktivitas belajar pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari yaitu dilakukannya berdasarkan sosialisasi oleh kepala sekolah kepada setiap perwakilan yang bertugas dalam perencanaan-perencanaan kebijakan yang terstruktur dan menyediakan alat-alat dalam mendukung diterapkannya sistem pemisah kelas antara siswa laki-laki dan perempuan. Dan perencanaan sistem pembelajaran pemisah kelas juga sudah setujui oleh wali murid, dengan tujuan untuk mengendalikan peserta didik ketika bergaul dengan lawan jenis. (2) Pelaksanaan sistem pembelajaran pemisah kelas antara siswa laki-laki dan perempuan dalam meningkatkan produktivitas belajar pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari yaitu penrapan tidak terlepas dari fasilitas yang ada di sekolah, adanya startegi-strategi, metode-metode, model yang bervariasi akan diterapkan kepada peserta didik dalam pelaksanaan sistem pembelajaran pemisah kelas antara siswa laki-laki dan perempuan oleh para dewan guru pada mata pelajaran PAI yang dapat menunjang semangat peserta didik dan dapat meningkatkan produktivitas belajar. (3) Evaluasi sistem pembelajaran pemisah kelas antara siswa laki-laki dan perempuan dalam meningkatkan produktivitas belajar pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Islam Al-Maarif 01, cara penilainnya sistem pembelajaran pemisah kelas antara siswa laki-laki dan perempuan dalam meningkat produktivitas belajar dengan menggunkan test. Berupa nilai harian (tes tulis, tes lisan, tugas), PTS, dan PAS.
Kata Kunci: Implementasi, Sistem Pembelajaran, Produktivitas Belajar | en_US |