Show simple item record

dc.contributor.authorMasrukhan, Adib Qosim
dc.date.accessioned2022-11-18T02:24:23Z
dc.date.available2022-11-18T02:24:23Z
dc.date.issued2021-07-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5975
dc.description.abstractGuru memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap siswa, maka dapat dikatakan bahwa peran guru menjadi salah satu faktor penting yang dapat mengidentifikasi aspek-aspek yang mempengaruhi hasil belajar yang dialami oleh siswanya, sehingga dapat mengambil tindakan tertentu sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Dengan adanya pandemi covid-19 seperti saat ini, maka dapat dikatakan bahwa upaya guru dalam mempertahankan bahkan meningkatkan hasil belajar fiqih menjadi lebih berat lagi. Jika beberapa saat lalu (saat pembelajaran dilaksanakan secara langsung/tatap muka), hampir setengah hari siswa berada di lingkup madrasah, sehingga guru dapat lebih mudah melakukan pembelajaran, maka pada masa pandemi covid-19, diperlukan upaya khusus untuk mempertahankan bahkan meningkatkan hasil belajar fiqih. Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka fokus masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut (1)Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa MTs. Negeri 5 Malang? (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih di MTs. Negeri 5 Malang?(3) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih di MTs. Negeri 5 Malang? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa MTs. Negeri 5 Malang (2)Untuk mengidentifikasi upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih di MTs. Negeri 5 Malang (3) Untuk mengidentifikasi apa saja faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih di MTs. Negeri 5 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di MTs Negeri 5 Malang. Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan mengunakan metode observasi, wawancara serta metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara merangkum data yang penting kemudian ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi teman sejawat dan tringulasi. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih relatif sedang-sedang saja, bahkan ada beberapa diantaranya memiliki kemampuan rata-rata di bawah teman yang lain, hal ini ditandai dengan masih banyaknya siswa yang berada dalam kategori tidak tuntas atau berada di bawah KKM yang telah ditetapkan untuk mata pelajaran Fiqih, yakni sebesar 75.Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih di MTs Negeri 5 Malang, diantaranya adalah: (1) Meningkatkan kompetensi kompetensi dan profesioanlisme guru melalui kegiatan diskusi maupun dengan cara mengikuti kegiatan workshop, diklat, maupun seminar yang berhubungan dengan strategi pembelajaran; (2) Penerapan beragam strategi dan metode pembelajaran, serta pemanfaatan media pembelajaran yang bersifat atraktif dalam pembelajaran Fiqih; dan (3) Penerapan kegiatan praktik secara langsung pada materi-materi tertentu dalam pembelajaran Fiqih agar siswa dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terkait dengan faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih di MTs Negeri 5 Malang sebagai berikut (a) Faktor Pendukung, Bahwa faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih di MTs Negeri 5 Malang, diantaranya adalah: (1) Kesempatan yang diberikan oleh kepala madrasah kepada guru untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya melalui kegiatan workshop, diklat, seminar; (2) Tersedianya fasilitas berupa sarana prasarana pendukung pembelajaran; (3) Peran serta orang tua/wali murid dalam pembelajaran siswa; (4) Koordinasi yang baik antara guru dan orang tua/wali murid dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. (b) Faktor Penghambat, Sedangkan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih di MTs Negeri 5 Malang, diantaranya adalah: (1) Kurangnya motivasi instrinsik dari dalam diri siswa; (2) Kurangnya perhatian dan dukungan orang tua terhadap pembelajaran anaknya; (3) Penyalahgunaan HP android/gadget oleh siswa  Kata Kunci : Upaya Guru, Meningkatkan Hasil, Belajar Fiqihen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.subjectMeningkatkan Hasilen_US
dc.subjectBelajar Fiqihen_US
dc.titleUpaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih di MTs Negeri 5 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record