Show simple item record

dc.contributor.authorElda, Nova
dc.date.accessioned2022-11-18T02:24:39Z
dc.date.available2022-11-18T02:24:39Z
dc.date.issued2021-07-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5977
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena fasilitas belajar peserta didik dan kedisiplinan belajar peserta didik. Guru memfasilitasi belajar peserta didik dengan memenuhi sarana dan prasarana yang baik guna menunjang berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar disekolah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dapat juga disebut sebagai pendekatan luas dalam penelitian kualitatif atau sebagai metode untuk mengumpulkan data kualitatif. Bahwa peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu kejadian dalam suatu keadaan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui informmasi tentang bagaimana upaya guru dalam memfasilitasi dan mendisiplinkan belajar peserta didik. Metode observasi digunakan untuk mengamati secara langsung bagaimana upaya guru dalam memfasilitasi dan mendisiplinkan belajar peserta didik. Metode dokumentasi, untuk mengetahui profil sekolah, sarana dan prasarana, data guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam memfasilitasi dan mendisiplinkan belajar peserta didik yaitu dengan cara, memfasilitasi belajar peserta didik upaya nya dengan memperbaiki fasilitas yang rusak, menyediakan kelas yang nyaman untuk belajar, dan tetap memberikan tugas disaat sekolah online berlangsung. Sehingga dapat memberikan sedikit penunjang yang baik bagi kelangsungan proses pembelajaran peserta didik. Mendisiplinkan peserta didik dengan cara penekanan terhadap peserta didik melalui kegiatan pembiasaan kedisiplinan siswa seperti budaya peduli terhadap lingkungan, datang kesekolah tepat waktu, membiasakan tata krama yang baik, sopan santun yang baik. Sehingga dapat membentuk ilmu rohaniyah kepada peserta didik untuk dijadikan bekal kelak ketika sudah berada di lingkungan masyarakat. Sehingga tujuan utamanya adalah membentuk lulusan peserta didik yang berahklakul karimah. Kata Kunci: Upaya Guru, Fasilitas, Kedisiplinanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.subjectFasilitasen_US
dc.subjectKedisiplinanen_US
dc.titleUpaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memfasilitasi dan Mendisiplinkan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Midai, Natunaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record