Pengaruh Pendekatan dan Bimbingan Belajar Terhadap Kelulusan Ujian CBT UKMPPD Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISMA
Abstract
Delima Devy Mauwalla. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, 2022. Pengaruh Pendekatan Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kelulusan CBT UKMPPD Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Pembimbing 1: Marindra Firmansyah. Pembimbing 2: Rizki Anisa
Pendahuluan: Persentase kelulusan CBT UKMPPD di FK UNISMA pada empat periode UKMPPD berturut-turut pada tahun 2020 di atas 90%, sehingga dapat dinyatakan bahwa angka kelulusan tersebut telah mencapai target. Upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan angka kelulusan UKMPPD dengan memperbaiki faktor yang memberi pengaruh diantaranya dengan memilih pendekatan belajar yang tepat dan memaksimalkan peran bimbingan belajar. Tujuan penelitian yang dilaksanakan ialah agar mendapati pengaruh pendekatan belajar serta bimbingan belajar terhadap kelulusan ujian CBT UKMPPD Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (UNISMA).
Metode: Penelitian observasi analitik melalui pendekatan cross sectional, pendekatan serta bimbingan belajar sebagai variabel independen dan kelulusan CBT UKMPPD sebagai variabel dependen. Populasi mahasiswa profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang yang sudah lulus UKMPPD tahun 2021 sejumlah 85 dan sampel yang memenuhi kriteria inklusi sejumlah 72 responden. Uji statistik pendekatan belajar terhadap kelulusan CBT UKMPPD dan bimbingan belajar terhadap kelulusan CBT UKMPPD menggunakan uji Fisher exact, sedangkan pendekatan dan bimbingan belajar terhadap kelulusan CBT UKMPPD mempergunakan uji regresi logistik ganda.
Hasil: Variabel pendekatan belajar sebagian besar adalah deep approach (38 responden / 52,8%) dengan p-value 0,000 serta nilai r= 0.380 menujukkan arah positif. Variabel bimbingan belajar sebagian besar memilih di dalam dan di luar kampus (63 responden / 87,5%) dengan p-value 0,000 dan nilai r= 0.406 menunjukkan arah positif. Hasil analisa statistik regresi logistik ganda menunjukkan bahwa bimbingan belajar memilki nilai odd ratio yang lebih besar dibandingkan dengan pendekatan belajar yaitu sebesar 74,355.
Kesimpulan: Variabel pendekatan belajar serta bimbingan belajar berpengaruh terhadap kelulusan CBT UKMPPD serta variabel bimbingan belajar lebih memberi pengaruh terhadap kelulusan CBT UKMPPD.
Kata Kunci: Pendekatan belajar, Bimbingan Belajar, CBT UKMPPD
Delima Devy Mauwalla. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, 2022. Pengaruh Pendekatan Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kelulusan CBT UKMPPD Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Pembimbing 1: Marindra Firmansyah. Pembimbing 2: Rizki Anisa
Pendahuluan: Persentase kelulusan CBT UKMPPD di FK UNISMA pada empat periode UKMPPD berturut-turut pada tahun 2020 di atas 90%, sehingga dapat dinyatakan bahwa angka kelulusan tersebut telah mencapai target. Upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan angka kelulusan UKMPPD dengan memperbaiki faktor yang memberi pengaruh diantaranya dengan memilih pendekatan belajar yang tepat dan memaksimalkan peran bimbingan belajar. Tujuan penelitian yang dilaksanakan ialah agar mendapati pengaruh pendekatan belajar serta bimbingan belajar terhadap kelulusan ujian CBT UKMPPD Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (UNISMA).
Metode: Penelitian observasi analitik melalui pendekatan cross sectional, pendekatan serta bimbingan belajar sebagai variabel independen dan kelulusan CBT UKMPPD sebagai variabel dependen. Populasi mahasiswa profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang yang sudah lulus UKMPPD tahun 2021 sejumlah 85 dan sampel yang memenuhi kriteria inklusi sejumlah 72 responden. Uji statistik pendekatan belajar terhadap kelulusan CBT UKMPPD dan bimbingan belajar terhadap kelulusan CBT UKMPPD menggunakan uji Fisher exact, sedangkan pendekatan dan bimbingan belajar terhadap kelulusan CBT UKMPPD mempergunakan uji regresi logistik ganda.
Hasil: Variabel pendekatan belajar sebagian besar adalah deep approach (38 responden / 52,8%) dengan p-value 0,000 serta nilai r= 0.380 menujukkan arah positif. Variabel bimbingan belajar sebagian besar memilih di dalam dan di luar kampus (63 responden / 87,5%) dengan p-value 0,000 dan nilai r= 0.406 menunjukkan arah positif. Hasil analisa statistik regresi logistik ganda menunjukkan bahwa bimbingan belajar memilki nilai odd ratio yang lebih besar dibandingkan dengan pendekatan belajar yaitu sebesar 74,355.
Kesimpulan: Variabel pendekatan belajar serta bimbingan belajar berpengaruh terhadap kelulusan CBT UKMPPD serta variabel bimbingan belajar lebih memberi pengaruh terhadap kelulusan CBT UKMPPD.
Kata Kunci: Pendekatan belajar, Bimbingan Belajar, CBT UKMPPD