Pengaruh Kuliah Metode Flipped Learning dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Kedokteran Selama Pembelajaran Daring
Abstract
Nurul Mahmudah. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. 28 Juli 2022. Pengaruh Kuliah Metode Flipped Learning Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Kedokteran Selama Pembelajaran Daring. Pembimbing I : dr. Hj. Rizki Anisa, M.Med.Ed. Pembimbing II : dr. Ariani Ratri Dewi, Sp.M.
Pendahuluan: Pada saat ini FK UNISMA melakukan pembelajaran daring untuk upaya pencegahan COVID-19 dan menghadapi beberapa kendala. Adanya hambatan tersebut menciptakan inovasi pemilihan strategi pembelajaran salah satunya yaitu perkuliahan metode flipped learning. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring yang berdampak pada peningkatan performa akademik mahasiswa.
Metode: Penelitian dilakukan secara observasional analitik dengan cross sectional. Blok Fisiologi Hematoimunologi dipilih karena pada data akademik menunjukkan nilai belum memuaskan. Responden 110 mahasiswa yang masuk dalam kriteria inklusi. Perkuliahan metode flipped learning dinilai berdasarkan uji beda pretest dan posttest kuliah Imunologi Vaksin. Sedangkan tingkat kepuasan mahasiswa diukur menggukanakn kuesioner OCSS (Online Course Satisfaction Survey), interpretasi didapatkan dari nilai rata-rata perhitungan kuesioner. Uji mediasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan berpengaruh pada hasil belajar metode flipped learning terhadap performa akademik. Analisa data dan statistik menggunakan uji regresi logistik ordinal untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas dan terikat. Hasil dikatakan signifikan apabila nilai p < 0,05.
Hasil: Flipped learning pada kuliah Imonologi Vaksin menunjukkan hasil pretest dan posttest yang signifikan dengan uji wilcoxon (p 0,000). Demikian juga dengan pengaruhnya dengan performa akademik metode flipped learning menunjukkan hasil yang signifikan (p 0,012) melalui uji regresi logistik ordinal. Pengaruh tingkat kepuasan mahasiswa dengan performa akademik menunjukkan hasil yang signifikan (p 0,028). Faktor yang paling berpengaruh adalah hasil belajar perkuliahan metode flipped learning. Hasil uji mediasi (p 0,000) menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa tidak memediasi mutlak hubungan antara perkuliahan flipped learning terhadap performa akademik
Simpulan: Hasil belajar perkuliahan metode flipped learning dan tingkat kepuasan mahasiswa berpengaruh terhadap performa akademik.
Kata Kunci: Flipped learning, performa ujian mingguan, tingkat kepuasan, pembelajaran daring.