Show simple item record

dc.contributor.authorAini, Anisa Tri Ahbatul
dc.date.accessioned2022-11-24T06:13:34Z
dc.date.available2022-11-24T06:13:34Z
dc.date.issued2021-07-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6019
dc.description.abstractPembelajaran di masa Covid-19 ini tentunya membutuhkan penyesuaian dalam pelaksanaan pembelajaran, karena pemberlakuan SE Mendikbud no 4 Tahun 2020 yang membuat guru dan peserta didik tidak bisa langsung bertemu untuk melakukan proses pembelajaran. Pelaksanaan project based learning biasanya dilakukan secara berkelompok atau berkolaborasi antar siswa, namun di masa pandemi kolaborasi dapat dilakukan antara siswa dengan orang tua agar terjadi pelibatan antar guru siswa dan orang tua. Project based learning adalah salah satu model pembelajaran konstruktif yang berpotensi memberdayakan kemampuan kognisi tingkat tinggi. Project based learning adalah pendekatan kolaboratif untuk belajar dan mengajar yang menempatkan peserta didik dalam situasi di mana mereka menggunakan basa atutentik untuk mencapai tujuan tertentu. Model project based learning yang disebutkan oleh Mendikbud adalah salah satu model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan model project based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMAN 8 Malang pada masa pandemi Covid-19. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model project based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMAN 8 Malang pada masa pandemi Covid-19. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi model project based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMAN 8 Malang pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang strategi model project based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMAN 8 Malang pada masa pandemi Covid-19, sebagai berikut: (1) Perencanaan model project based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 8 Malang yaitu dilakukan berdasarkan RPP yang sudah di tetapkan oleh sekolah yang lebih ringkas yaitu penggunaan RPP jarak jauh satu lembar sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh pemerintah. (2) Penerapan model project based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 8 Malang yang mana dalam penerapannya tentu tidak akan lepas dari beberapa indikator sebagai berikut: (a) Waktu yang di terapkan dengan penjadwalan yang baik agar komponen-komponen tersebut dapat terlaksana secara merata. (b) Aplikasi yang digunakan oleh guru antara lain whatsapp group, google meet, google class room dan google form. (c) Bahan ajar yang digunakan yaitu dengan menggunakan buku paket Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta video pembelajaran dari youtube. (d) Metode pembelajaran yang di terapkan yaitu terdapat empat tahapan yang digunakan model project based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan oleh guru dengan langkah-langkah yang sistematis agar pembelajaran daring dapat dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. (3) Evaluasi pembelajaran diharapkan dapat mendorong guru untuk mengajar lebih baik dan mendorong siswa untuk belajar lebih baik. Kata Kunci: Project Based Learning, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.subjectPerencanaanen_US
dc.subjectPelaksanaanen_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.titleStrategi model Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 8 Malang pada masa Pandemi Covid-19en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record