Show simple item record

dc.contributor.authorBudiani, Yulia Dewi
dc.date.accessioned2022-11-24T06:13:57Z
dc.date.available2022-11-24T06:13:57Z
dc.date.issued2021-07-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021
dc.description.abstractDalam dunia pendidikan terlebih pada pendidikan menengah atas di sekolah menengah atas pengembangan karakter serta penanaman kemampuan soft skill yang menekankan pada pembentukan keterampilan intra dan interpersonal penting untuk dibangun karena dalam dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skill saja, tetapi juga piawai dalam aspek soft skill. Kedua keterampilan yakni intra personal dan interpersonal memiliki fungsi yakni sebagai pengembang kemampuan berkomunikasi terutama di dunia pekerjaan yang mana keterampilan tersebut harus diimbangi dan disesuaikan dengan output lulusan sekolah menengah atas yang memfokuskan mutu pendidikan dan memiliki kompetensi yang disyaratkan. Oleh sebab itu dibutuhkan juga keterampilan soft skill yang mampu mengimbangi dari pada aspek keterampilan umum saja, melainkan juga pengembangan soft skill yang menjunjung tinggi nilai agama Islam. Berdasarkan hasil observasi awal implementasi atau penerapan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 5 Malang dilaksanakan dengan metode daring (dalam jaringan). Mata pelajaran yang sifatnya umum dilaksanakan secara online dengan menggunakan berbagai media pembelajaran yang menunjang proses kegiatan belajar mengajar seperti Zoom, Google Classroom atau apabila membutuhkan komunikasi antara sesama peserta didik dan antara peserta didik dengan pendidik maka forum seperti WhatsApp grup tetap diadakan sebagai sarana komunikasi yang lebih spesifik dan intens terhadap materi yang tengah diajarkan. Sedangkan pembelajaran yang pada penerapannya membutuhkan praktek atau tutorial seperti tata cara bersuci dan perawatan jenazah, dilakukan dengan pembuatan video tutorial pembelajaran beserta tata caranya. Pembelajaran praktek secara online tersebut disesuaikan dengan rencana pembelajaran semester (RPS) dan rincian pekan efektif sesuai dengan jadwal palajaran yang telah ditentukan. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang implementasi pembelajaran daring PAI berbasis soft skill, efektivitas pembelajaran daring PAI berbasis soft skill, pengontrolan pembelajaran daring PAI berbasis soft skill, serta pengevaluasian pembelajaran daring PAI berbasis soft skill. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran daring PAI berbasis soft skill, perencanaan implementasi pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam berbasis soft skill, pelaksanaan implementasi pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam berbasis soft skill, dan efektivitas dan hasil implementasi pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam berbasis soft skill. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan-catatan, transkrip, buku, surat kabar, makalah, laporan-laporan agenda dan sebagainya. Kata Kunci: Variasi, Metode Pembelajaran, Keterampilan, Pembelajaran Daring, Soft Skill.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectVariasien_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.subjectKeterampilanen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectSoft Skillen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill di SMA Negeri 5 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record