View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Hasil Pembelajaran Pembuatan Video dan Kepuasan Pembelajaran CSL Terhadap Performa Osce Mahasiswa Kedokteran Selama Pembelajaran Daring

Thumbnail
View/Open
Publish (2.094Mb)
Fulltext (2.283Mb)
Date
2022-08-02
Author
Dharmawan, Yusuf
Metadata
Show full item record
Abstract
Dharmawan, Yusuf, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, Agustus 2022. Pengaruh Proses Pembelajaran CSL dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Performa OSCE Mahasiswa Kedokteran Selama Pembelajaran Daring. Pembimbing 1: Rizki Anisa. Pembimbing 2: Yeni Amalia. Pendahuluan: Adanya pandemi Covid-19 mengubah pembelajaran klinik luring menjadi daring. Evaluasi pembelajaran CSL secara daring di FK UNISMA masih belum ada, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk menilai metode pembelajaran CSL, efektivitas dan tingkat kepuasan mahasiswa dan pengaruhnya pada performa OSCE mahasiswa preklinik FK UNISMA. Metode: Penelitian dilakukan secara observasional analitik cross sectional dengan responden mahasiswa FK UNISMA TA 2021/2022 (n=120). Metode pembelajaran CSL diukur dari tugas yang diberikan. Tingkat kepuasan mahasiswa diukur dengan kuesioner Online Course Satisfied Survey dan performa OSCE mahasiswa diukur dari nilai ujian OSCE. Hasil dianalisa dengan regresi logistik bivariat dan uji mediasi p < 0.05 dianggap signifikan. Hasil: Hasil evaluasi pembelajaran CSL didapatkan mahasiswa dengan bernilai baik 110 mahasiswa (92%), bernilai cukup 4 mahasiswa (3%), dan bernilai kurang 6 mahasiswa (5%). Hasil uji regresi logistik didapatkan adanya pengaruh signifikan (p = 0.003). Hasil evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa didapatkan skala kepuasan sangat puas sejumlah 66 responden (55%) dan skala tingkat puas sejumlah 54 responden (45%). Hasil uji regresi logistik didapatkan adanya pengaruh signifikan (p = 0.045). Hasil uji mediasi didapatkan adanya pengaruh signifikan (p = 0.015) Simpulan: Metode pembelajaran CSL dengan tugas pemeriksaan mandiri dan tingkat kepuasan mahasiswa berpengaruh signifikan pada performa OSCE mahasiswa preklinik FK UNISMA. Hal ini diduga terjadi karena berhubungan dengan kesiapan dan kepercayaan diri mahasiswa melakukan pembelajaran daring. Kata Kunci: Performa OSCE, metode pembelajaran CSL, tingkat kepuasan, pembelajaran daring.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6032
Collections
  • UT - Medical Education

Related items

Showing items related by title, author, creator and subject.

  • Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam Proses Pembelajaran Daring (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Pada Masa Pembelajaran Daring) 

    Afandi, Khoirul Ahmad (Universitas Islam Malang, 2021-04-10)
    Penelitian ini membahas tentang kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dalam proses pembelajaran daring. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengambilan sampel ...
  • Pengaruh Pembelajaran Berbasis Online terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi Unisma di Era Wabah Covid-19 

    Ramadhan, Muhammad Syahril (2021-02-23)
    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis online terhadap efektifitas mahasiswa akuntansi Universitas Islam Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian menguji hipotesis dan berdasarkan ...
  • Kepraktisan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Aplly) dalam Pembelajaran Matematika 

    Setiawan, Yayan Eryk; Mustangin (Universitas Muhammadiyah Metro, 2020-09-22)
    Salah satu upaya untuk mengatasi kesalahan konsep yang dialami oleh siswa maupun mahasiswa adalah dengan mengembangkan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk meningkatkan pemahaman ...

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group