Studi Kualitatif Perilaku Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran dalam Menghadapi Asesmen Kognitif dan Psikomotor
Abstract
Fifi Rasyidah, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, Agustus 2022. Studi Kualitatif Perilaku Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran dalam Menghadapi Asesmen Kognitif dan Psikomotor. Pembimbing 1: dr. H. Marindra Firmasnyah, M.Med.Ed., Pembimbing 2: Sri Herlina, S.KM, M.PH.
Pendahuluan: Asesmen memiliki dampak terhadap pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi persepsi belajar dan perilaku belajar mahasiswa. Perilaku belajar dalam menghadapi asesmen disesuaikan berdasarkan jenisnya, seperti pada jenis asesmen kognitif dan psikomotor. Mahasiswa dalam perilaku belajanya dalam menghadapi asesmen kognitif dan psikomotor melibatkan proses aktivitas kognitif seperti strategi belajar dan regulasi metakognitif yang meliputi alokasi waktu belajar, lama jam belajar, distribusi belajar, pemilihan materi sumber belajar, monitoring dan strategi perbaikan belajar.
Metode Penelitian: Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengambilan data melalui Focus Group Discussion. Partisipan diambil dengan maximum variation sampling dengan total partisipan 36 orang yang terbagi dalam tiga kelompok, yaitu kelompok I, II, dan III dari mahasiswa Fakultas kedokteran. Analisa data model Miles & Huberman dan coding dilakukan menggunakan bantuan software Atlas.ti.
Hasil dan Pembahasan: Analisa kualitatif mengambarkan bahwa mahasiswa Fakultas Kedokteran memiliki perilaku belajar yang berbeda dalam menghadapi asesmen kognitif dan psikomotor pada proses aktivitas kognitif dan regulasi metakognitifnya. Proses aktivitas kognitif dalam menghadapi asesmen kognitif mahasiswa banyak menggunakan strategi belajar dengan mendengarkan rekaman kuliah, membaca, mencatat dan meringkas materi kuliah, pada regulasi metakognitif mahasiswa banyak menerapkan alokasi satu hari sebelum pelaksanaan, lama belajar kurang dari tiga jam dalam sehari, sumber materi yang banyak dipilih adalah catatan kuliah. Proses aktivitas kognitif dalam menghadapi asesmen psikomotor mahasiswa banyak menggunakan strategi belajar dengan menonton video praktek, pada regulasi metakognitif mahasiswa banyak menerapkan alokasi satu hari sebelum pelaksanaan asesmen, lama belajar lebih dari tiga jam dalam sehari, sumber materi yang banyak dipilih adalah modul kuliah. Perbedaan tersebut terjadi karena mahasiswa menyesuaikan belajarnya dengan jenis asesmen yang akan dihadapi karena adanya pola soal yang berbeda.
Kesimpulan: Bahwa mahasiswa Fakultas Kedokteran memiliki perilaku belajar yang bervariasi dalam menghadapi asesmen kognitif dan psikomotor pada proses aktivitas kognitif dan regulasi metakognitifnya.
Kata kunci: perilaku belajar, asesmen kognitiff, asesmen psikomotor, proses aktivitas kognitif, regulasi metakognitif.