Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifa’ie Kelas XI IIS Gondanglegi Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Jalilah, Rochmatul
dc.date.accessioned 2022-12-02T02:43:41Z
dc.date.available 2022-12-02T02:43:41Z
dc.date.issued 2021-07-01
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6047
dc.description.abstract Peran pendidikan penting untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur. Peningkatan dan penyempurnaan kualitas pendidikan dilakukan dengan berbagai peran, mulai dari pembenahan sistem pendidikan nasional, pengaturan jenjang satuan pendidikan dan metodologi pendidikan dengan pemantapan pendidikan yang diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan, harkat dan martabat bangsa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitiannya adalah (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifa’ie kelas XI IIS Gondanglegi Malang. (2) Bagaiamana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifai’ie kelas XI IIS Gondanglegi Malang (3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa oleh guru pendidikan agama islam di SMA Al-Rifa’ie kelas XI IIS. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan minat belajar siswa. (2) Untuk mempelajari sejauh mana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. (3) Untuk memahami faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis dilakukan dengan cara analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan teknik triangulasi (membandingkan/memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil wawancara dan hasil isi dokumen. Hasil penelitian dilapangan (1) peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI adalah mengembangkan perencanaan pembelajaran dari DIKNAS dengan memperhatikan kondisi dan minat anak, mengintegrasikan variasi mengajar dengan pendekatan individu, keterbukaan, keteladanan, fungsional serta pemberian motivasi, memfasilitasi minat, bakat, dengan sarana dan prasarana yang menunjang belajar, mengevaluasi perkembangan hasil belajar secara individual maupun global, bimbingan individual dalam pembelajaran Al-Qur’an. (2) Untuk mempelajari sejauh mana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkankan minat belajar siswa adalah faktor intrinsik yaitu kebutuhan dan cita-cita serta faktor ekstrensik yaitu adanya ganjaran dan kompetisi. Faktor yang dapat menghambat minat belajar siswa antara lain: pengaruh kondisi lingkungan/teman, kondisi siswa/keluarga baik dari siswa sendiri maupun dari sekolah. Sedangkan dari pihak guru sendiri adalah jadwal pelajaran yang kurang tepat. Kata Kunci : Peran Guru, Meningkatkan Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Meningkatkan Minat Belajar en_US
dc.title Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifa’ie Kelas XI IIS Gondanglegi Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account