Show simple item record

dc.contributor.authorNahdiyah, Anis
dc.date.accessioned2022-12-02T02:47:25Z
dc.date.available2022-12-02T02:47:25Z
dc.date.issued2021-07-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6058
dc.description.abstractSistem pendidikan yang dikembangkan selama ini lebih mengacu pada aspek kognitif siswa saja, bukan mengacu pada aspek afektif dan psikomotorik. Siswa ditunjukkan sebuah pengetahuan namun terkadang tidak mempraktekkan pengetahuan tersebut. Sehingga tidak heran banyak terjadi hal menyimpang di sekitar kita seperti kemerosotan moral siswa. Hal ini dapat kita lihat dari sikap sopan santun yang mulai memudar, bahkan sekedar menyapa guru yang lewat didepannya, siswa merasa enggan. Selain itu, adanya lulusan sekolah yang cerdas, kreatif namun memiliki moral yang lemah dikarenakan pendidikan karakter yang kurang dikembangkan selama masa sekolah. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi SMP Islam As-Shodiq dalam menerapkan budaya religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan penanaman budaya religius dalam meningkatkan karakter siswa, implementasi penanaman budaya religius dalam meningkatkan karakter siswa dan evaluasi penanaman budaya religius dalam meningkatkan karakter siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian etnografi. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, triangulasi tekni, triangulasi waktu, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil temuan penelitian mengungkapkan bahwa Perencanaan budaya religius sekolah dalam meningkatkan karakter siswa di SMP Islam As-shodiq dilaksanakan melalui beberapa tahap. Pelaksanaan budaya religius yang terdapat di SMP Islam As-Shodiq dilaksanakan oleh seluruh komponen sekolah yakni Budaya salam, salim, senyum, sapa, santun, dan peduli lingkungan (5S-1P), salat Dhuha, Ngaji sentral, salat Dhuhur, Kegiatan keputrian, dan Istighosah. Evaluasi budaya religius di SMP Islam As-Shodiq dilaksanakan dengan pengamatan dan kartu kontrol salat 5 waktu. Pada perencanaan budaya religius diharapkan sekolah melibatkan orang tua agar mengetahui kegiatan yang dilakukan anak ketika disekolah. Pada pelaksanaan budaya religius hendaknya sekolah melibatkan orang tua agar ketika siswa berada dirumah, siswa tetap menjalankan budaya religius. Pada evaluasi budaya religius diharapkan sekolah menggunakan catatan peristiwa penting terkait sikap dan perilaku siswa baik yang bersifat positif maupun negatif. Kata Kunci: Implementasi, Budaya Religius, Karakteren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectBudaya Religiusen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.titleImplementasi Budaya Religius dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMP Islam As-Shodiq Bululawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record