Telaah Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Melalui Media Whatsapp Grup dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di Man 2 Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Ananda, Aris
dc.date.accessioned 2022-12-02T02:47:35Z
dc.date.available 2022-12-02T02:47:35Z
dc.date.issued 2021-07-10
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6060
dc.description.abstract MAN 2 Malang merupakan salah satu lembaga kependidikan madrasah negeri yang menerapkan pembelajaran dengan jarak jauh dalam pelaksanaannya, sebagaimana adanya peraturan dari pemerintah pendidikan di era pandemi covid-19. Penelitian ini mengulas salah satu kajian guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadits dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui whatsapp grup kelas 12, seperti dalam pembelajarannya guru berinovasi untuk memaksimalkan pendidikannya melalui keterampilan dan metode kepada siswa dengan kondisi pembelajaran tersendiri agar berjalan efektif. dan efisien, namun berdasarkan kajian observasi, dokumentasi, dan wawancara terdapat sebagian kecil peserta didik yang kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan kependidikan yang dilakasanakan secara virtual karena beberapa faktor kendala dan bacaan Al-Qur’an yang belum sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf, Dengan demikian kajian konteks diatas, maka beberapa fokus penelitian yakni: Pertama, bagaimana pelaksanaan pembelajaran quran hadits di MAN 2 Malang melalui media whatsapp ( Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi). Kedua, Apa saja faktor yang menghambat pembelajaran Al-Qur’an dan bagaimana mengatasi permasalahan selama pelaksanaan pembelajaran daring melalui media pebelajaran whatsapp. Untuk menyelaraskan fokus konteks kajian, teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif, sebagaimana prosedur dan pelaksanaannya yakni melalui kegiatan observasi, dokumentasi, wawancara dengan peserta didik kelas 12 Bahasa, Agama, IPA, IPS kemudian guru Al-Qur’an Hadits kelas 12 serta wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan pengajaran, selanjutnya untuk memfokuskan metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu menyusun kajian pendekatan teoritis dari sub-bab dan deskripsi pembahasan hasil observasi penelitian lapangan. Sehingga kajian penelitian dapat disimpulkan tentang pembelajaran guru dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas 12 khususnya Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang, melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta permasalahan dan solusi jika ada kendala dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan kajian penelitian di MAN 2 Malang yakni: pertama, Konsep RPP guru Al-Qur’an baik melalui whatsapp grup daring atau kelas luring . kedua, Pelaksanaan Pembelajaran oleh guru Al-Qur’an melalui whatsapp grub kelas, seperti: Kegiatan penanaman karakter giat membaca Al-Qur’an, dimulai dengan salam, menayakan kabar, kelengkapan media, membaca Al-Waqiah/Ar-rahman dan menshare gambar/kajian ayat berkaitan dengan pelajaran, Penerapan metode tahsin guru melalui voicenote whatsapp grup., Penugasan dan pengumpulan tugas bacaan Al-Qur’an melalu whatsapp, Penerapan kegiatan khotmil qur’an setiap pekan melalui list juz dan nama. Ketiga Evaluasi guru kepada peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui whatsapp grup kelas 12 dengan menshare screenshot rubik penilian oleh guru melalui whatsapp grup dan Pemberian motivasi melalui hadits/ayat tentang semangat belajar.   Kata Kunci : Telaah, Pembelajaran Al-Qur’an, Whatsapp Grup en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Telaah en_US
dc.subject Pembelajaran Al-Qur’an en_US
dc.subject Whatsapp Grup en_US
dc.title Telaah Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Melalui Media Whatsapp Grup dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di Man 2 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account