Show simple item record

dc.contributor.authorPutra, Mohammad Muhtadi Syah
dc.date.accessioned2022-12-02T02:49:04Z
dc.date.available2022-12-02T02:49:04Z
dc.date.issued2022-07-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6062
dc.description.abstractMotivasi belajar adalah segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang yang melakukan kegiatan belajar agar menjadi lebih giat lagi dalam belajar untuk memperoleh prestasi yang lebih baik. Maka dari itu, diperlukan peran guru dalam memotivasi siswa di SMP Wahid Hasyim Malang. Sedangakan tujuan ini adalah Untuk Mendeskripsikan peran guru dalam motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI, Mendeskripsikan strategi guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI, dan Mendeskripsikan hasil guru PAI dalam memotivasi siswa pada pembelajaran PAI berbasis daring pada masa pandemi covid di SMP Wahid Hasyim Malang Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan peneliti ingin melakukann penelitian secara mendalam melalui prosedur pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan empat kriteria yakni: credibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa, guru PAI di SMP Wahid Hasyim Malang untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan maka sebelum melaksanakan proses pembelajaran daring ada beberapa hal yang dipersiapkan terlebih dahulu. Peran guru dalam motivasi siswa Yaitu guru sebagai motivator dan dapat menjadi suri tauladan bagi anak didiknya. Sebagai suri tauladan untuk memotivasi siswa guru dituntut untuk menjaga tingkah laku maupun ucapanya. Yang memiliki nilai positif di samping itu juga guru dapat disegani maupun dihormati oleh siswa. Bukan karena sebagai guru senior melainkan perilaku sebagai guru yang mempunyai kewibawaan. Strategi yang di gunakan untuk memotivasi belajar siswa adalah ketika ada siswa yang kurang termotivasi dalam belajar PAI guru melakukan komunikasi dengan orangtua maupun wali. Pada saat melakukan komunikasi guru menanyakan penyebab siswa kurang termotivasi dan kesulitan apa yang dihadapi oleh siswa saat melaksanakan proses pembelajaran dirumah. Guru selalu memberi semangat dan motivasi kepada semua siswa melalui WhatsApp. Hasil guru PAI dalam meningkat motivasi siswa adalah Siswa lebih bersemangat dalam belajar. Dalam hal ini disebabkan karena guru berperan meningkat motivasi belajar siswa dalam setiap pembelajaran daring, Orang tua dan guru saling bekerja sama dalam memotivasi siswa. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.titlePeran Guru dalam Motivai Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI Berbasis Daring pada masa Pandemi Covid di SMP Wahid Hasyim Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record