Peran Guru dalam Motivai Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI Berbasis Daring pada masa Pandemi Covid di SMP Wahid Hasyim Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Putra, Mohammad Muhtadi Syah
dc.date.accessioned 2022-12-02T02:49:04Z
dc.date.available 2022-12-02T02:49:04Z
dc.date.issued 2022-07-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6062
dc.description.abstract Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang yang melakukan kegiatan belajar agar menjadi lebih giat lagi dalam belajar untuk memperoleh prestasi yang lebih baik. Maka dari itu, diperlukan peran guru dalam memotivasi siswa di SMP Wahid Hasyim Malang. Sedangakan tujuan ini adalah Untuk Mendeskripsikan peran guru dalam motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI, Mendeskripsikan strategi guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI, dan Mendeskripsikan hasil guru PAI dalam memotivasi siswa pada pembelajaran PAI berbasis daring pada masa pandemi covid di SMP Wahid Hasyim Malang Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan peneliti ingin melakukann penelitian secara mendalam melalui prosedur pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan empat kriteria yakni: credibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa, guru PAI di SMP Wahid Hasyim Malang untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan maka sebelum melaksanakan proses pembelajaran daring ada beberapa hal yang dipersiapkan terlebih dahulu. Peran guru dalam motivasi siswa Yaitu guru sebagai motivator dan dapat menjadi suri tauladan bagi anak didiknya. Sebagai suri tauladan untuk memotivasi siswa guru dituntut untuk menjaga tingkah laku maupun ucapanya. Yang memiliki nilai positif di samping itu juga guru dapat disegani maupun dihormati oleh siswa. Bukan karena sebagai guru senior melainkan perilaku sebagai guru yang mempunyai kewibawaan. Strategi yang di gunakan untuk memotivasi belajar siswa adalah ketika ada siswa yang kurang termotivasi dalam belajar PAI guru melakukan komunikasi dengan orangtua maupun wali. Pada saat melakukan komunikasi guru menanyakan penyebab siswa kurang termotivasi dan kesulitan apa yang dihadapi oleh siswa saat melaksanakan proses pembelajaran dirumah. Guru selalu memberi semangat dan motivasi kepada semua siswa melalui WhatsApp. Hasil guru PAI dalam meningkat motivasi siswa adalah Siswa lebih bersemangat dalam belajar. Dalam hal ini disebabkan karena guru berperan meningkat motivasi belajar siswa dalam setiap pembelajaran daring, Orang tua dan guru saling bekerja sama dalam memotivasi siswa. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title Peran Guru dalam Motivai Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI Berbasis Daring pada masa Pandemi Covid di SMP Wahid Hasyim Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account