dc.description.abstract | Berdasarkan observasi awal, bahwasanya karakter disiplin siswa sudah tertanam dalam diri peserta didik dengan baik di SMP Brawijaya Smart School Malang. Hal ini dibuktikan dengan sikap tepat waktu siswa dan guru yang selalu on time dalam memulai pembelajaran. Contohnya yang terlihat ketika jam pembelajaran dimulai pada pukul 08:00 WIB semua siswa dan guru harus sudah bersiap untuk masuk kelas pada pukul 07:45 WIB hal ini dilakukan agar siswa dan guru agar tidak terlambat pad saat memulai pembelajaran
Dari latar belakang peneliti diatas maka peneliti merumuskan masalah, perencanaan guru PAI dalam membentuk karakter disiplin siswa menggunakan aplikasi Microsoft Teams di SMP Brawijaya Smart School Malang, pelaksanaan guru PAI dalam membentuk karakter disiplin siswa menggunakan aplikasi Microsoft Teams di SMP Brawijaya Smart School Malang, evaluasi guru PAI dalam membentuk karakter disiplin siswa menggunakan aplikasi Microsoft Teams di SMP Brawijaya Smart School Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru PAI dalam membentuk karakter disiplin siswa menggunakan aplikasi Microsoft Teams di SMP Brawijaya Smart School Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas peneliti dilakukan dengan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan Tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data berupa gambar dan data-data tertulis.
Dalam menelitian ini ditemukan data ataupun perencanaan guru PAI dalam membentuk karakter disiplin siswa menggunakan aplikasi Microsoft Teams di SMP Brawijaya Smart School Malang ialah: (1) Merancang materi tentang karakter disiplin dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) melakukan kontrak belajar, (3) mensosialisasikan buku pedoman tata tertib. Adapun pelaksanaannya ialah: (1) Keteladanan, (2) nasehat, dan (3), pembiasaan. Kemudian evaluasinya adalah: (1) Evaluasi input dalam membentuk karakter disiplin siswa dilakukan setiap jam pembelajaran dimulai hingga selesai dengan cara menilai dari ketepatan waktu siswa dalam masuk kelas hingga jam pengumpulan tugas, (2) evaluasi proses dilakukan setiap tiga bulan sekali menurut dari laporan para guru saat melakukan pembelajaran, dan (3) evaluasi hasil dalam membentuk karekter disiplin siswa dalam pembelajaran daring tidak bisa dikatakan maksimal namun dengan adanya evaluasi dapat mengetahui keberhasilan atau tidaknya dalam membentuk karakter disiplin siswa selama pembelajaran daring.
Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Karakter Disiplin, Microsoft Teams | en_US |