Show simple item record

dc.contributor.authorSalsabillah, Amalia Nuriski
dc.date.accessioned2022-12-05T03:53:39Z
dc.date.available2022-12-05T03:53:39Z
dc.date.issued2022-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6074
dc.description.abstractEkstrakulikuler BBQ adalah kegiatan yang dilakukan untuk membantu meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an. Keterampilan membaca Al-Qur’an adalah sebuah kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid dan makhorijul huruf secara baik dan benar. Metode Bil Qolam dipilih karena dirasa paling praktis dilakukan dan mudah proses pelaksanaanya. Penelitian ini merupakan penelitian yang terkait dengan Ekstrakulikuler BBQ dalam meningkatkan keterampilan siswa membaca Al-Qur’an dengan Metode Bil Qolam di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. Fokus penelitian yang akan peneliti bahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kondisi keterampilan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Hasyim Asy’ari Batu. 2) Bagaimana penerapan Metode Bil Qolam dalam meningkatkan keterampilan siswa membaca Al-Qur’an di MTs Hasyim Asy’ari Batu. 3) Bagaimana hasil yang dicapai dengan penerapan Metode Bil Qolam dalam meningkatkan keterampilan siswa membaca Al-Qur’an di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kondisi keterampilan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Hasyim Asy’ari Batu. 2) Untuk mengetahui penerapan Metode Bil Qolam dalam meningkatkan keterampilan siswa membaca Al-Qur’an di MTs Hasyim Asy’ari Batu. 3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai dengan penerapan Metode Bil Qolam dalam meningkatkan keterampilan siswa membaca Al-Qur’an di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data meggunakan observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan bapak kepala madrasah, koordinator BBQ dan guru pengajar BBQ, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kondisi keterampilan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Hasyim Asy’ari masih pada tahap kemamapuan dasar. Penerapan Metode Bil Qolam dalam kegiatan ekstrakulikuler BBQ dilaksanakan pada hari senin-kamis dan dilakukan di pagi hari sebelum dimulai jam pelajaran. Metode Bil Qolam yang diterapkan menggunakan teknik talqin-taqlid (menirukan), yaitu peserta didik akan menirukan bacaan yang telah dicontohkan oleh gurunya. Hasil penerapannya dapat dikatakah bahwa dengan menggunakan Metode Bil Qolam kondisi keterampilan siswa membaca Al-Qur’an meningkat artinya bahwa adanya perubahan sebelum mengikuti ekstrakulikuler BBQ dengan sesudah menggikuti ekstrakulikuler BBQ. Kata Kunci: Ekstakulikuler BBQ, Keterampilan Membaca Al-qur’an, Metode Bil Qolamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectEkstakulikuler BBQen_US
dc.subjectKeterampilan Membaca Al-qur’anen_US
dc.subjectMetode Bil Qolamen_US
dc.titleEkstrakulikuler BBQ dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Membaca Al-Qur’an dengan Metode Bil Qolam di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record