dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh dekadensi moral anak bangsa di era global yang
sangat memprihatinkan, khususnya dikalangan pelajar. Seiring berkembangnya
zaman, maka pola pikir anak juga semakin berkembang pesat. Dengan ini
pembelajaran Madrasah Diniyah sangat berperan penting disekolah maupun
dilingkungan sekitar anak yakni untuk membimbing, membina, mengarahkan
peserta didik agar dapat memahami ajaran Islam dan diharapkan dengan pendidikan
tersebut mampu membentuk kepribadian peserta didik yang mempunyai sikap
disiplin, bertanggung jawab, serta mempunyai akhlak yang baik dalam kehidupan
sehari-hari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan Perencanaan
pembelajaran Madrasah Diniyah di SMP Sunan Kalijogo Jabung, untuk
mendeskripsikan Proses Pelaksanaan Dalam Membentuk akhlak peserta didik di
SMP Sunan Kalijogo Jabung dan untuk menjelaskan karakter yang terbentuk di
SMP Sunan Kalijogo Jabung.
Untuk mencapai tujuan diatas peneliti melakukan jenis penelitian kualitatif,
prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan
yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis,
metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan
menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode
dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa
catatan-catatan, transkip, laporan-laporan, agenda dan sebagainya.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam pembelajaran
Madrsah Diniyah untuk membangun akhlak pada peserta didik salah satunya yaitu
dengan melatih peserta didik tentang sikap kedisiplinan dengan mengutamakan
sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita-cita dan juga
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat didalam proses pembelajaran pengindetifikasi masalah. Serta
beberapa proses pembelajaran tersebut sepert pengolahan data, mempresentasikan
dari hasil infomasi yang didapat ataupun proses didalam diskusi dan juga menarik
kesimpulan. Serta beberapa hal yang dapat membentuk karakter pada peserta didik
baik melalui proses pembelajaran maupun melalui sikap yang diberikan oleh
pendidik yaitu salah satunya seperti sikap disiplin, keaktifan peserta didik, sikap
mandiri, sikap rasa tanggung jawab sikap-sikap tersebut merupakan beberapa sikap
yang dapat dijadikan sebagai proses untuk membentuk karakter yang dimiliki oleh
peserta didik. Sikap kejujuran juga merupakan karakter yang harus dimiliki peserta
didik sedangkan untuk Karakter yang diterapkan di SMP Sunan Kalijogo Jabung
v
adalah sikap kedisiplinan, sikap mandiri, kerja keras, jujur, percaya diri dan
berperilaku sopan, aktif dan berbicara dengan baik, bertanggung jawab.
Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu bagi semua guru agar
selalu memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi kepada peserta didik dan
melakukan bimbingan sekaligus pembinaan dalam melalui pendekata-pendekatan
kepada peserta didik dan bagi orang tua hendaklah selalu mengawasi dan
memperhatikan putra dan putrinya agar tidak kejerumus dalam pergaulan yang
salah dan memberikan tauladan yang baik | en_US |