Show simple item record

dc.contributor.authorKhairunnisa, Athifa
dc.date.accessioned2022-12-22T03:00:07Z
dc.date.available2022-12-22T03:00:07Z
dc.date.issued2022-07-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6082
dc.description.abstractPada penelitian ini media pembelajaran adalah sumber belajar siswa yang membuat kondisi siswa untuk lebih memungkinkan mendapat sikap dan keterampilan. Dalam proses pembelajaran media video bukan hanya mengganti cara mengajar guru melainkan untuk membantu guru dalam menyampaikan pesan atau materi pada saat proses pembelajaran berlangsung, selain itu media video menampilakn materi ajar yang berdasarkan materi. Dari latar belakang penelitian diatas maka tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan bagaiamana perencanaan media video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X Bahasa 1 di SMAN 2 Malang. 2) Untuk mendeskripsikan bagaiamana pelaksanaan media video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X Bahasa 1 di SMAN 2 Malang. 3) Untuk mendeskripsikan bagaiamana hasil dari pemanfaatan media video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X Bahasa 1 di SMAN 2 Malang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus karena penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif. Peneliti menekankan pada penjelasan studi kasus yakni pemanfaatan media video pada pelajaran PAI kelas X Bahasa 1 di SMA Negeri 2 Malang. Dalam penelitian ini data yang didapatkan dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang pemanfaatan media video pada mata pelajaran PAI kelas X Bahasa 1 di SMA Negeri 2 Malang dalam perencanaan melalui media video guru terlebih dahulu melakukan seperti identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan, merumuskan materi, menyiapkan media video dan evaluasi. Proses pelaksanaan menggunakan media video yang dilakukan sesuai dengan RPP yang telah dibuat guru. Hasil dari penerapan media video sendiri didapatkan melalui tugas harian, dengan tugas harian cara memberikan soal kepda siswa untuk mengukur keberhasilan siswa melalui media video. Peneliti juga bermaksud untuk memberikan saran kepada beberapa pihak yang terkait, yaitu: 1) Belajar dengan menggunankan media pembelajaran upaya untuk meningkatkan kemampuannya dalam menerapkan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi. Selain itu, agar proses pembelajaran dapat mencapai tujuan secara optimal hendaknya para siswa lebih mengembangkan kemampuannya, salah satunya adalah keterampilan dalam mengoprasikan media pembelajaran. Sehingga dalam pembelajaran siswa lebih aktif ketika proses pembelajaran yang sesuai dengan harapan guru. 2) Bagi guru SMA Negeri 2 Malang, Peran seorang guru dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa juga harus diperhatikan. Media pembelajaran yang tepat nantinya akan memberikan dampak yang positif kepada siswa salah satunya yaitu dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar bagi mereka. Jika guru berhasil membangun dan meningkatkan semangat belajar tersebut maka nantinya proses pembelajaran pun juga bisa berjalan dengan baik dan efektif. Salah satunya dengan menggunakan media video ini juga bisa menjadi bahan referensi guru sebagai strategi baru dalam meningkatkan semangat pembelajaran di kelas. 3) Penelitian ini selain untuk bahan kajian bagi peneliti selanjutnya, diharapkan mereka juga bisa menyusun penelitian lebih lanjut dengan menggunakan media pembelajaran. Kata Kunci : Pemanfaatan Media Video, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPemanfaatan Media Videoen_US
dc.titlePemanfaatan Media Video pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Bahasa 1 di SMA Negeri 2 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record