Perbedaan Hasil Belajar Model Konvensional dan Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di SMA An-Nur Bululawang

Show simple item record

dc.contributor.author Sholiha, Milatus
dc.date.accessioned 2022-12-22T03:00:12Z
dc.date.available 2022-12-22T03:00:12Z
dc.date.issued 2022-07-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6083
dc.description.abstract Akidah Akhlak merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang didalamnya membahas tentang kepercayaan, tingkah laku dan dasar-dasar ajaran islam. Fenomena dalam pembelajaran Akidah Akhlak guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah yang mana guru hanya sebagai sumber informasi sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Dengan model pembelajaran yang kurang efektif mengakibatkan banyak peserta didik yang terlihat bermalas-malasan, kurang memperhatiakan guru dalam belajar, banyak yang berbicara dengan teman sebangku, bahkan tidup didalam kelas. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif kembali didalam kelas diantaranya model pembelajaran GQGA (Giving Question Getting Answer), model pembelajara ini merupakan suatu strategi pembelajaran yang mampu membangun pengetahuannya sendiri, mampu secara aktif menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik. Peserta didik diberikan kebebasan dalam berfikir serta menyampaikan ide, pendapat, dan pertanyaan. Berdasarkan latar belakang diatas tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar dengan menggunakan model konvensional dan model pembelajaran Giving Question Getting Answer peserta didik mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X SMA An-Nur Bululawang. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model konvensional dan model pembelajaran Giving Question Getting Answer peserta didik mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X SMA An-Nur Bululawang Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif komparasi dengan desain quasi eksperimental dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Prosedur penelitian hasil belajar dari posstest kelas control dan ekspeimen dibandingkan dengan uji statistik inferensial. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 peserta didik kelas X IBB 3 dan X IPS 2 dengan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah test. Analisis data yang digunakan yaitu paired sample test dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dengan melakukan uji Paired Sample Test dengan ketentuan nilai sig < 0,05 maka diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dengan artian nilai ¬sig lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang signifikan antara hasil belajar model konvensional dan hasil belajar model pembelajaran Giving Question Getting Answer peserta didik kelas X mata pelajaran Akidah Akhlak di SMA An-Nur Bululawang tahun pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Model Pembelajaran Konvensional, Giving Question Getting Answer, Hasil Belajar, Akidah Akhlak en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Model Pembelajaran Konvensional en_US
dc.subject Giving Question Getting Answer en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title Perbedaan Hasil Belajar Model Konvensional dan Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di SMA An-Nur Bululawang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account