Show simple item record

dc.contributor.authorEfrida, Silvynia
dc.date.accessioned2022-12-22T03:07:14Z
dc.date.available2022-12-22T03:07:14Z
dc.date.issued2022-06-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6097
dc.description.abstractGaya belajar sangatlah berpengaruh kepada pencapaian pengetahuan yang diperoleh peserta didik. Peran seorang guru sangatlah penting, yang mana harus mempunyai berbagai ide untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelumnya. Gaya belajar yang sudah nyampai kepada peserta didik, dan dengan berbagai gaya belajar seorang pendidik akan lebih mudah dalam menyampaikan materi yang diajarkannya kepada peserta didik, kemudian peserta didik tersebut dapat memahami atau menyerap materi yang diajarkan oleh pendidik. Salah satu strategi guru dalam menerapkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan gaya belajar siswa yang berbeda-beda adalah dengan menggunakan metode, media dan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tipe-tipe gaya belajar yang digunakan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana gaya belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masa pandemi di SMA Brawijaya Smart School Malang, dengan tiga fokus penelitian yaitu : pertama, bagaimana penerapan pembelajara Pendidikan Agama Islam kelas XII dimasa pandemi pada SMA Brawijaya Smart School Malang. Kedua, bagaimana gaya belajar yang dimiliki siswa kelas XII pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi. Ketiga, bagaimana strategi yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi berbagai gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskripif berdasarkan jenis penelitian lapang (filed research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni : reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan empat kriteria, yakni : kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa : penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII dimasa pandemi pada SMA brawijaya Smart School Malang ini sangat efektif, karena guru dalam mengajar sudah sesuai dengan tujuan dan pencapaian yang direncanakan, dalam penjelasan materi pembelajaran yang dilakukan guru terhadap murid sudah mencapai sasaran. Gaya belaajar yang dimiliki siswa kelas XII pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi adalah mayoritas siswa tipe gaya belajarnya dengan menggunakan visual (penglihatan) dan auditori (pendengaran) yang dilakukan dengan sistem pembelajaran online. Kemudian strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengahadapi berbagai gaya belajar siswa adalah dengan menggunakan berbagai media, metode dan model pembelajaran terhadap siswa sudah sesuai dan tepat dengan tipe gaya belajar yang digunakan peserta didik. Kata Kunci : Gaya Belajar, Pembelajaran PAI, Masa Pandemien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectGaya Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.subjectMasa Pandemien_US
dc.titleGaya Belajar Siswa kelas XII pada Mata Pelajaran PAI masa Pandemi di SMA Brawijaya Smart School Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record