Pengaruh Kemampuan Retensi dan Lingkungan Belajar pada Performa Akademik Blok Imunohematologi Mahasiswa Sarjana Kedokteran Selama Pembelajaran Daring
dc.contributor.author | Dyas, Mellinia Wahyuning | |
dc.date.accessioned | 2022-12-22T03:14:24Z | |
dc.date.available | 2022-12-22T03:14:24Z | |
dc.date.issued | 2022-07-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6111 | |
dc.description.abstract | Dyas, Mellinia Wahyuning. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, Juli 2022. Korelasi Antara Kemampuan Retensi Dan Persepsi Lingkungan Belajar Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Pembimbing 1: Rizki Anisa.Pembimbing 2: Ariani Ratri Dewi. Pendahuluan: Selang waktu pembelajaran daring di FK UNISMA terjadi penurunan performa akademik berupa nilai ujian mingguan mahasiswa di blok Imunohematologi sebanyak 10%.Faktor yang diduga dapat mempengaruhi performa akademik mahasiswa salah satunya adalah kemampuan retensi dan lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan retensi dan lingkungan belajar terhadap performa akademik blok Imunohematologi selama pembelajaran daring pada mahasiswa tingkat I dan II Metode: Penelitian ini merupakan penelitian studi observasional analitik dengan menggunakan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling pada 183 mahasiswa FK UNISMA. Data kemampuan retensi diperoleh dari uji retensi mahasiswa FK UNISMA, sedangkan penilaian ingkungan belajar diukur dengan kuisioner The Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi logistic ordinal dengan SPSS versi 25 dan nilai p-value < 0.05 dianggap signifikan. Hasil: Hasil uji regresi logistik ordinal pada mahasiswa tingkat II mendapatkan pengaruh signifikan dari kemampuan retensi terhadap performa akademik mahasiswa (nilai p-value < 0.05), sedangkan pada mahasiswa tingkat I kemampuan retensi tidak berpengaruh signifikan terhadap performa akademik (nilai p-value >0.05). Lingkungan belajar mendapatkan pengaruh yang signifikan terhadap performa akademik mahasiswa tingkat I dan II(nilai p-value < 0.05). Kesimpulan: Kemampuan retensi hanya berpengaruh positif terhadap performa akademik mahasiswa tingkat II, hal ini dapat disebabkan karena kegiatan diluar akademik yang dilakukan mahasiswa tingkat I dapat mengganggu retensi. Lingkungan belajarmemiliki pengaruh positif terhadap performa akademik mahasiswa tingkat I dan II hal ini dapat disebabkan karena pada mahasiswa tingkat I dan IItinggal dilingkungan yang baik sehingga berpengaruh pada performa akademiknya. Faktor yang paling berpengaruh terhadap performa akademik adalah lingkungan belajar. Kata kunci: Performa akademik; kemampuan retesi; lingkungan belajar; pembelajaran daring | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Malang | en_US |
dc.subject | Performa akademik | en_US |
dc.subject | kemampuan retesi | en_US |
dc.subject | lingkungan belajar | en_US |
dc.subject | pembelajaran daring | en_US |
dc.title | Pengaruh Kemampuan Retensi dan Lingkungan Belajar pada Performa Akademik Blok Imunohematologi Mahasiswa Sarjana Kedokteran Selama Pembelajaran Daring | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
UT - Medical Education
Koleksi Skripsi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter