View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Kemampuan Retensi dan Lingkungan Belajar pada Performa Akademik Blok Imunohematologi Mahasiswa Sarjana Kedokteran Selama Pembelajaran Daring

Thumbnail
View/Open
Publish (1.738Mb)
Fulltext (3.964Mb)
Date
2022-07-18
Author
Dyas, Mellinia Wahyuning
Metadata
Show full item record
Abstract
Dyas, Mellinia Wahyuning. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, Juli 2022. Korelasi Antara Kemampuan Retensi Dan Persepsi Lingkungan Belajar Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Pembimbing 1: Rizki Anisa.Pembimbing 2: Ariani Ratri Dewi. Pendahuluan: Selang waktu pembelajaran daring di FK UNISMA terjadi penurunan performa akademik berupa nilai ujian mingguan mahasiswa di blok Imunohematologi sebanyak 10%.Faktor yang diduga dapat mempengaruhi performa akademik mahasiswa salah satunya adalah kemampuan retensi dan lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan retensi dan lingkungan belajar terhadap performa akademik blok Imunohematologi selama pembelajaran daring pada mahasiswa tingkat I dan II Metode: Penelitian ini merupakan penelitian studi observasional analitik dengan menggunakan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling pada 183 mahasiswa FK UNISMA. Data kemampuan retensi diperoleh dari uji retensi mahasiswa FK UNISMA, sedangkan penilaian ingkungan belajar diukur dengan kuisioner The Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi logistic ordinal dengan SPSS versi 25 dan nilai p-value < 0.05 dianggap signifikan. Hasil: Hasil uji regresi logistik ordinal pada mahasiswa tingkat II mendapatkan pengaruh signifikan dari kemampuan retensi terhadap performa akademik mahasiswa (nilai p-value < 0.05), sedangkan pada mahasiswa tingkat I kemampuan retensi tidak berpengaruh signifikan terhadap performa akademik (nilai p-value >0.05). Lingkungan belajar mendapatkan pengaruh yang signifikan terhadap performa akademik mahasiswa tingkat I dan II(nilai p-value < 0.05). Kesimpulan: Kemampuan retensi hanya berpengaruh positif terhadap performa akademik mahasiswa tingkat II, hal ini dapat disebabkan karena kegiatan diluar akademik yang dilakukan mahasiswa tingkat I dapat mengganggu retensi. Lingkungan belajarmemiliki pengaruh positif terhadap performa akademik mahasiswa tingkat I dan II hal ini dapat disebabkan karena pada mahasiswa tingkat I dan IItinggal dilingkungan yang baik sehingga berpengaruh pada performa akademiknya. Faktor yang paling berpengaruh terhadap performa akademik adalah lingkungan belajar. Kata kunci: Performa akademik; kemampuan retesi; lingkungan belajar; pembelajaran daring
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6111
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group