dc.description.abstract | Penyebaran Covid-19 ini telah membuat inovasi pendidikan yaitu mengubah pola pendidikan yang mulanya pembelajaran tatap muka (luring) berubah menjadi pembelajaran online jarak jauh (daring) yang dilakukan dirumah masing masing. Dalam kegiatan belajar mengajar tidak semua anak didik mampu berkonsentrasi dalam waktu yang relatif lama, daya serap anak terhadap bahan pelajaran yang diberikan juga bermacam-macam, ada yang cepat, ada yang sedang, dan ada yang lambat. Maka guru harus menyiapkan media / bahan serta strategi dan metode pembelajaran yang tepat disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini. Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, maka saat ini yang perlu diperhatikan oleh seorang guru PAI agar mencapai hasil yang maksimal adalah membuat perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan baik yang tentunya didalam rencana tersebut sudah disi dengan berbagai cara atau metode untuk mencapai tujuan proses belajar mengajar.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan perencanaan guru dalam meningkatkan pembelajaran PAI selama pandemi (2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pembelajaran selama pandemi
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Peran Guru PAI dalam pelaksanaan pmbelajaran daring di MTs NU NGANTANG, sebagai berikut. (1) perencanaan guru dalam meningkatkan pembelajaran PAI selama pandemi. (2) pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pembelajaran selama pandemi.
Berdasarkan hasil Observasi di MTs NU NGANTANG, peneliti memperhatikan guru di saat proses pembelajaran berlangsung, berhubung sekarang Lagi pandemi maka peniliti melakukan observasi secara wawancara. Di sini peneliti mengamati guru yang menjelaskan tentang mengembangkan pembelajaran PAI, di mana guru menggunakan metode cooperative learning. Berhubung sekarang masih pandemi jadi pembelajaran hasrus daring , jadi guru memberi tugas melalui E-Learning.
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Daring | en_US |