View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Gendong Kec. Laren, Kab. Lamongan

Thumbnail
View/Open
MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI PRDAGOGIK DAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf (3.515Mb)
S2_MPAI_22002011057_FIQHI AFIFA.pdf (1.757Mb)
Date
2022-10-12
Author
Afifa, Fiqhi
Metadata
Show full item record
Abstract
Kompetensi pedagogik, dan profesionalsime memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena berhubungan langsung dengan proses pembelajaran serta pengembangan kompetensi yang di miliki oleh guru, yaitu tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru tidak hanya bertugas sebagai perancang pembelajaran, tetapi juga harus mampu melaksanakan perencanaan yang dibuatnya. Pelaksanaan pembelajaran akan berhasil tergantung dari perencanaan yang disusun oleh guru. Perencanaan pembelajaran merupakan panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan terarah. Serta mendapat hasil akhir yang baik, yang mana hasil akhir tersebut tertuang dalam penilaian evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1. Perencanaan model pengembangan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Gendong pelaksanaan, 2. Pelaksanaan model pengembangan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Gendong, 3. Evaluasi model pengembangan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Gendong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenisnya studi kasus. Sumber data didapat dari narasumber, peristiwa, dokumen dan arsip. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara tak terstruktur, Observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari analisis sebelum lapangan, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah :1. Perencanaan meliputi penyusunan indikator Pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam, 2. Pelaksanaan meliputi mendengar, mengklasifikasi, dan mendorong indikator pedagogik dan profesionalisme sebagai acuan, 3. Evaluasi meliputi evaluasi diri, dan evaluasi indikator pedagogik dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6169
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group